Tahun Ajaran Baru 2021/2022 SMPN 4 Purworejo Laksanakan MPLS Kelas VII Secara Daring

PURWOREJO,rakyatkita com,– Beberapa hari lagi  tahun ajaran baru 2021/2022, akan segera dimulai, tepatnya  12 Juli 2021. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dan masih dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tidak mungkin diterapkan PKT (Pembelajaran Konsultasi Terprogram) seperti tahun sebelumnya.

Untuk itu, SMPN 4 Purworejo sudah mempersiapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 4 Purworejo, Drs Eko Partono, M.MPd, Kamis (08/07/21).

Eko Partono mengatakan, sesuai SE Bupati no 443, bahwa semua pembelajaran akan dilakukan secara daring. Untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), untuk kelas VII dengan siswa 256 dari 8 kelas, selama 3 hari, dari 12 Juli-14 Juli 2021 akan dilaksanakan secara daring.

“sedangkan pembelajaran untuk kelas VIII dan IX dilakukan secara PJJ penuh dengan pelajaran biasa,” jelas Eko didampingi Waka Kurikulum Enang Kuncoro, S.Pd.

Eko mengatakan di tahun ajaran baru ini, seharusnya bisa Pembelajaran tatap muka, atau
PKT(Pembelajaran Konsultasi Terprogram), tapi karena PPKM jadi sedikit mundur, karena tahun lalu sudah melaksanakan PKT.

“Kita tunggu saja kebijakan baru dari pemerintah setelah PPKM 20 Juli mendatang, tapi untuk saat ini kita sudah siapkan untuk PJJ, mulai pembagian tugas dan jadwal,” ujar Eko.

Menurut Eko, tahun ajaran baru 2021/2022, SMPN 4 Purworejo, siap melaksanakan pembelajaran baik secara PJJ, PKT maupun pembelajaran tatap muka.

“Tahun ini untuk PJJ kita akan menerapkan jam pelajaran sesui jam mata pelajarannya, Misalnya, pelajaran Bahasa Indonesia riilnya 6 jam, ya dilaksanakan selama 6 jam mata pelajaran,” ungkap Eko.

Pelaksanaannya, terang Eko, saat PJJ semua siswa mengikuti di rumah, sedang guru yang saat itu mengajar masuk di ruang kelas seperti pelajaran biasa tapi menggunakan aplikasi Google Meet yang bisa dikombinasikan dengan Google Class Room ataupun Zoom. Dengan aplikasi Google Meet,

“Jadi setiap ganti pelajaran, guru bergantian masuk di kelas untuk mengajar, dengan begitu akan terhajadi interaksi antara guru dengan siswa, harapan kami PJJ kali ini lebih baik dibanding tahun lalu,” harap Eko.

Eko mengukapkan, inginnya di tahun pelajaran baru ini bisa tatap muka. Tapi karena pandemi Covid-19 semakin tambah parah, sekolah tetap harus menjalankan aturan dari pemerintah yaitu PJJ, yang terpenting tetap semangat ,” pungkasnya (wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply