Prodi PTO UM Purworejo Gelar Webinar Pendampingan PT SMK PK

PURWOREJO, rakyatkita.com, Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo) melalui Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, (PTO) mengadakan kegiatan Webinar Pendampingan PT di SMK Pusat Keunggulan kompetensi Keahlian Teknik Otomotif yang diadakan hari ini Selasa (28/9/21).

Kegiatan webinar ini, berkaitan dengan SK Dirjend Pendidikan Vokasi no: 21/D/O/2021 tentang penciptaan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SMK Pusat Keunggulan (PK), yang nantinya diteruskan untuk membawa isu-isu strategis untuk pencapaian program SMK PK.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UM Purworejo Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag dengan menghadirkan dua narasumber yakni Khoiry Nuria M.Pd selaku penggerak GSM dan guru sekolah penggerak dan Dwi Jatmoko M.Pd, selaku ketua Prodi pendidikan Teknik Otomotif UMPurworejo.

Menurut Dwi selaku selaku penyelenggara menjelaskan, Khoiry merupakan guru sekolah penggerak dan penggiat GSM yang kurang lebih 2 minggu yang lalu dikunjungi Mendikbud Ristek Nadiem Makarim di rumahnya.

“Khoiry kita undang di Webinar ini untuk memberikan wawasan tentang gerakan sekolah menyenangkan dan bagaimana mengimplementasikan gerakan sekolah menyenangkan di SMK PK, harapannya dari Dirjend Vokasi, adalah memberdayakan gerakan sekolah menyenangkan agar minat anak-anak itu tinggi,” jelas Dwi.

Sedangkan narasumber yang kedua, Dwi, terkait terkait Isu Strategi SMK Pusat Keunggulan di mana profil kelulusannya seperti apa dan bagaimana implementasi Link and Match 8+i dengan dunia kerja, serta target luaran penerimaan bantuan peningkatan SDM dari Dirjend Vokasi secara langsung yang nanti untuk program-program di SMK PK itu pendampingannya seperti apa.

“Kita baru saja mendapatkan pendampingan selama 10 hari ini berjalan. Sehingga kita baru tahu bagaimana konsep yang diinginkan dalam pendampingan PK tersebut,” ucap Dwi.

Ada 6 sekolah yang didampingi, yakni SMK YPT Purworejo, SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo, SMK Muhammadiyah Mungkid Magelang, SMK Muhammadiyah Sampang Cilacap, SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes dan SMK Sultan Fattah 6 SMK.

“Dalam Webinar ini kita mengundang setiap sekolah 16 guru sudah termasuk Kepala Sekolahnya, jadi total dari 6 sekolah sejumlah 96 guru,”terang Dwi.

Harapan kedepan, setelah melakukan webinar ini, yang pertama adalah kepala sekolah selaku menejerial dari SMK PK masing-masing itu memahami konsep Brand Minsite tentang gerakan sekolah menyenangkan, sehingga kami membuka secara induk, dan mereka akan tahu GSM itu seperti ini.

Selain itu, kata Dwi, nantinya ada satu slot anggaran atau satu slot kegiatan di masing-masing SMK PK tentang mentor penguatan ekosistem GSM sehingga nanti menurun seperti apa alur peta jalannya.

“Percobaan itu nanti di workshop slot masing-mading SMK PK untuk membentuk mentor GSM dan nanti ke bawah lagi bagaimana implementasi GSM itu pada siswa. Selain itu kami ingin bantu menguatkan dan menjalankan program-program yang sudah dibuat oleh SMK melalui bantuanpeningkatan SDM,”pungkas Dwi.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply