Menambah Ilmu Agama dan Karakter Religi, SMK Batik Perbaik Adakan Pesantren Kilat

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Dalam rangka menambah ilmu keagamaan di Bulan Ramadhan, SMK Batik Perbaik Purworejo mengadakan Pesantren Kilat.

Menurut Waka Kesiswaan, Akhmad Mujahidin Tsani, S.Pd.Jas yang mewakili kepala sekolah mengatakan, pesantren Kilat ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI dari semua kejuruan yang akan dilaksanakan selama empat hari dimulai Senin (03/05/2021) hingga Kamis (06/05/2021).

“Adapun materi yang diberikan meliputi akhlak, fikih, Al Qur’an, dan Tarikh. Selama kegiatan kita tetap menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ucap Akhmad Mujahidin Tsani atau yang akrab di panggil Tsani, Rabu (5/4/21).

Adapun pelaksanaan Pesantren Kilat jelas Tsani, dibagi dua yakni untuk kelas X hari Selasa dan Kamis. Sedangkan kelas XI pada hari Senin dan Rabu. Untuk penerapan prokes, peserta Pesantren Kilat dibagi dalam empat ruangan.

“Untuk kegiatan dimulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 12.00 WIB. Setiap pagi kegiatan diawali dengan tadarus dan harus selesai 4 juz, adapun pemberi materi adalah guru agama SMK Batik Purworejo, yaitu, Faturohman, SPd I, Ari Jatmiko, MPd, dan Dra Siti Mahiroh,”ungkap Tsani.

Menurut Tsani, tujuan Pesantren Kilat untuk meningkatkan karakter religi pada anak-anak. Karena selama pandemi dan pelajaran semua melalui daring dan jarang bertemu dengan anak-anak. Dengan Pesantren Kilat ini, diharapkan karakter tentang sopan santun, maupun tata krama anak akan meningkat.

“Pendidikan Karakter kita masukan disela-sela kegiatan Pesantren Kilat ini, tujuannya saat masuk sekolah sudah normal kembali, anak-anak masih ingat, bagaimana harus bersikap di depan guru, serta menaati tata tertib sekolah,” harapTsani.

Tsani mengungkapkan, Pesantren Kilat ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan setiap bulan Ramadhan. Dengan diadakan Pesantren Kilat akan menambah pengetahuan siswa tentang Agama, terutama tentang fikih, akhlak, selain itu agar siswa tahu bagaimana sejarah Islam di masa lalu, sehingga bisa menghargai agama Islam itu sendiri.

Kepala SMK Batik Perbaik Purworejo, Yati Dwi Puspita Adi, S.Pd saat memberikan sembako kepada siswa

Untuk diketahui, selain kegiatan Pesantren Kilat SMK Batik Perbaik juga memberikan memberikan 100 paket sembako untuk dibagikan ke siswa yang membutuhkan, dan warga sekitar yang kurang mampu, pungkas Tsani.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply