LPK X Japan Jalin Kerjasama Dengan SMK PN-PN2 Purworejo Fasilitasi Alumni Kerja di Jepang

 

Drs. Arie Edy Prasetyo. MBA saat menyerahkan tumpeng kepada direktur LPK Imam Mujahid Islam Al Haj, S.Pd, Rabu (14/7/21), foto : rakyatkita.com

 

PURWOREJO, rakyatkita.com, Di era globalisasi sangat berpengaruh terhadap sumber daya manusia di Indonesia. Tantangan dalam persaingan global menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk maju dan berkembang. Sehingga siap bersaing dalam mengahadapi pasar bebas.

Sadar akan tuntutan tersebut, SMK Pembaharuan (PN) dan PN 2 Purworejo, sebagai sekolah kejuruan terus berkomitmen mencetak tenaga terampil, siap kerja dan memiliki karakter yang tangguh untuk berkontribusi kedalam Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), baik dalam negeri maupun luar negeri.

Seperti yang dikatakan Drs. Arie Edy Prasetyo, MBA, selaku Pembina Yayasan Pembaharuan, Ia
mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK PN -PN 2 Purworejo, pihak sekolah telah menggandeng pihak luar dengan menjalin kemitraan terkait Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA).

“Itu kita buktikan dengan terwujudnya kelas YTA (Yayasan Toyota dan Astra), kelas Chemco (kerja sama dengan PT Chemco Harapan Nusantara) dan terwujudnya TEFA (Teaching Factory) yg memproduksi kanvas rem di bawah kemitraan dengan PT. Chemco Harapan Nusantara,” terang Arie Rabu (14/7/21)

Lanjut Arie, dengan menggandeng pihak DUDIKA, nantinya para tamatan SMK PN dan PN 2 memiliki bekal ketrampilan, karakter dan budaya industri yang siap bersaing di dunia kerja. Salah satu wujud hasil dari kemitraan tersebut adalah banyaknya alumni SMK PN dan PN 2 Purworejo setelah lulus sekolah langsung terserap ke dunia kerja.

Selain itu, untuk memfasilitasi para alumni yang ingin bekerja ke ke Jepang SMK PN – PN 2 Purworejo sudah menjalin kerjasama dengan LPK X Japan yang sebagai lembaga pendidikan non formal bergerak dalam bidang jasa pelatihan pendidikan bahasa Jepang serta pendidikan ketrampilan magang ke Jepang.

“Tujuan kerjasama dengan LPK X Japan, untuk membekali para alumni yang ingin bekerja ke Jepang dengan terlebih dahulu mengikuti pelatihan bahasa, budaya dan industri Jepang,” kata Arie

Arie mengungkapkan, kerjasama dengan LPK X Japan ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan selektif karena harus ada ijin dari Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi kabupaten Purworejo.

Sementara itu, Imam Mujahid Islam Al Haj. S.Pd, selaku direktur LPK X Japan saat acara opening class Japan mengatakan, bahwa LPK X Japan sangat berharap dapat memberikan kontribusi bagi SMK PN – PN2 dengan menyalurkan alumninya bekerja ke Jepang, sehingga diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.

“Saat ini alumni SMK PN- PN 2 Purworejo yang berminat mengikuti program kerja ke Jepang sangat banyak. Karena itu pelatihan bahasa Jepang akan kita selenggarakan di sekolah dengan menempati gedung F lokasi kampus barat SMK PN-PN2 Jalan Kesatrian No 7/17 Purworejo, ” jelas Imam.

Imam menyampaikan, nanti saat pelatihan, anak-anak akan didampingi managemen LPK X Japan yakni Nur Wakhid, yang juga alumni SMK PN yang pernah bekerja di Jepang selama 3 tahun.

Sedangkan kepala SMK Pembaharuan Sugiri S.Pd, MPd saat opening class Japan menyampaikan bahwa sekolah akan menyediakan dan mefasilitasi ruang kelas dan sarana prasarana pembelajaran untuk pelatihan dengan harapan kegiatan akan berjalan dengan lancar dan terwujudnya harapan kedua belah pihak.

“Saya berharap dengan program ini akan dapat memberikan andil kepada generasi muda khususnya di wilayah Purworejo dan sekitarnya, sehingga generasi muda Indonesia bisa mendapatkan bekal ketrampilan, pengetahuan dalam rangka persiapan untuk kerja atau magang ke Jepang sehingga memberikan efek positif bagi kehidupan ekonomi dan industri di indonesia,” pungkas Sugiri.

Untuk diketahui, Pelatihan ini sudah dimulai sejak Senin (5/7/21), sedangkan openingnya baru tadi pagi dilaksanakan di gedung F yang dihadiri oleh pengurus Yayasan Pembaharuan, kepala sekolah, Waka, guru dan pihak LPK, dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Drs. Arie Edy Prasetyo. MBA yang diserahkan kepada direktur LPK Imam Mujahid Islam Al Haj, S.Pd.( Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply