Benyak Peminat Yang Ingin Transmigrasi, Dinperinaker Purworejo Tinjau Lokasi Penempatan Transmigran

Kasi Transmigrasi Woro Sri Widiatmi, SIP saat melakukan kunjungan ke lokasi transmigrasi di Sulawesi Selatan,Foto: rakyatkita.com

 

PURWOREJO, rakyatkita.com,– Masih banyaknya masyarakat di Kabupaten Purworejo yang ingin bertransmigrasi. Untuk itu, Dinperinaker Kabupaten Purworejo, melakukan peninjauan langsung ke lokasi transmigrasi.

Untuk lokasi yang akan ditempati, di SKPC 1 UPT Mahaluna, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada tanggal 22-25 Juni 2021.

Menurut Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, melalui Kasi Transmigrasi Woro Sri Widiatmi, SIP mengatakan, untuk penempatan transmigrasi di Sulawesi Selatan Kabupatrn Purworejo tahun ini mendapat kuota 5 KK dari pemerintah,

“Kemarin kita melakuan kunjungan bersama Sekdin Dinperinaker Windarto SSos, Kabid Nakertrans Slamet, SIP, Kasi Kerjasama Setda, Taufik,” terang Woro, Rabu (30/06/21), didampingi Kabid Nakertrans Slamet.

Lanjut Woro, peninjauan dilakukan, untuk melihat lokasi transmigrasi, apakah sudah sisp dan layak, seperti rumah dan lahan pekarangan yang akan ditempati, sarana air bersih, listrik, fasilitas pendidikan, faskes, serta fasilitas umumnya.

“Hasil peninjauan kita kelokasi lokasi transmigrasi semuanya sudah siap ditempati dan fasilitas sudah memadai, apalagi disana tempatnya cocok untuk menanam lada, jahe merah, nilam dan pilang, merica, porang dan lainnya,”terang Woro.

Sebenarnya terang Woro, ini yang ke empat memberangkatkan transmigrasi di daerah tersebut. Pemberangkatan yang sebelumnya mereja sudah pada berhasil. Bahkan ada yang jadi transmigran teladan, mewakili kabupaten Luwu timur ke tingkat propinsi dan mendapat juara.

“Selain di Sulawesi Sekatan, kita beberapa bulan yang lalu juga melakukan penjajakan, di UPT Dadahub, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah untuk mencari lokasi untuk penempatan transmigran tahun 2022,” terang Woro.

Ini dilakukan ungkap Woro, karena banyak transmigran yang berminat bertransmigrasi ke Kalimantan Tengah, menurut mereka, Kalimantan Tengah tidak jauh dari pulau Jawa.

“Kita lakukan penjajakan tujuannya untuk mencari lokasi yang kayak untuk penempatan transmigran dari Purworejo, hasil dari penjajakan, lokasinya layak dan bagus, dan dekat dengan kawasan Food Estate. Setelah penjajakan ini, ucap Woro, akan berkoordinasi dengan Pemprov, agar bisa ditempatkan di Kalimantan Tengah,” ungkap Woro.

Woro mengatakan, tahun 2020, jumlah pendaftar transmigrasi mencapai 70 orang, tujuannya Kalimantan Tengah (53), Kalimatan Timur (11), dan Sumatera Selatan (6). Karena peminat yang ke Sulawesi belum ada, nanti sebagian akan diarahkan ke sana.

“Kami bergarap, nanti setelah para transmigran di berangkatkan di lokasi penempatan, mereka betah dan bisa berhasil dengan hasil buminya dan sukses menjadi transmigran,” pungkas Woro.( Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply