UPT BLK Cangkrep Buka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi Angkatan Ke Lima

PURWOREJO, rakyatkita.com,- UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Purworejo, secara resmi membuka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi angkatan ke lima, Kamis (24/06/21).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, secara simbolis membuka pelatihan dengan ditandai penyematan tanda peserta kepada perwakilan, serta penyerahan modul dan seragam.

Kepala UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Sudarman, SSos, melalui Kasubag TU, Soni Khatamson, SP, mengatakan, bahwa penyelenggaraan Program Kerja Kegiatan UPT- BLK Dinas Dinperinaker Kabupaten Purworejo tahun anggaran 2021 berdasarkan surat Pengesahan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DIPA Tahun 2021, balai Latihan Kerja Surakarta Nomor: SP DIPA- 026.13.2.035636 / 2021,
tanggal 23 November 2020.

“Tujuan diadakan pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi tersebut, untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Purworejo,” ucap Soni.

Dengan pelatihan ini, terang Soni, harapannya para peserta mempunyai skiil dan menambah pengetahuan sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purworejo,” kata Soni.

“Kami siapkan empat paket dalam pelatihan kali ini, dengan jumlah peserta 16 orang per paket yang diikuti oleh warga masyarakat Kabupaten Purworejo dan sekitarnya yang terdaftar di Sisnaker,” terang Soni.

Untuk Pelaksanaannya ungkap Soni, Kejuruan Pengoperasian Mesin Bubut, dimulai taniggal 25 Juni s/d 5 Agustus 2021 (35 hari )/ 280jam mata pelajaran (JP). Kejuruan Servise Sepeda Motor Konvensional, dimulai tanggal 25 Juni s/d 24 Juli 2021( 25 hari / 200 JP. Kejuruan nenjahit pakaian dengan mesin dimulai tanggal 25 Juni s/d 5 Agustus2021 (35 hari )/ 280 JP, dan Kejuruan Gambar Bangunan/Drafter, dimulai tanggal 25 Juni s/d 12 Agustus 2021 (40 hari / 320 JP.

“Pelatihan keterampilan berbasis kompetensi ini, kami menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun
Anggaran 2021,” ungkap Soni.

Sementara itu Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada peserta pelatihan di BLK yang telah ikut dalam pembukaan pelatihan.

Gathot berpesan kepada para peserta, dalam pelatihan ini untuk selalu memperhatikan apa yang disampaikan dan diajarkan instruktur.

“Jika ada yang kurang jelas, bisa menanyakan ke instruktur, sehingga benar-benar bisa paham dan menyerap ilmu yang diajarkan,” ungkap Gathot.(wn)

Karena sekarang ini masih masa pandemi Covid-19, bagi para peserta pelatihan selalu menerapkan prokes, jaga kesehatan, supaya bisa mengikut pelatihan dengan baik.

“Kami berharap, semoga peserta pelatihan bisa lulus 100 persen, dan paska pelatihan mereka bisa memiliki atau membuka usaha sendiri, maupun bekerja dengan orang lain sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarga,” pungkas Gathot.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply