Tak Pakai Masker, Satpol PP Denda Puluhan Warga

Purworejo, rakyatkita.com,-Masih banyaknya masyarakat yang tidak mentaati Perbup mengenai wajib memakai masker. Bupati Purworejo Agus Bastian, menegaskan akan segera menerapkan denda.

Penegak peraturan daerah Satpol PP akan segera mengambil langkah cepat. Hari ini  mengadakan razia dan denda terhadap warga yang tak memakai masker di dua pasar.

Kasatpol PP Damkar, Budi Wibowo, mejelaskan, hari ini razia di dua pasar ada 56 warga yang didenda karena nekat tidak memakai masker saat berada di pasar.

“Kami razia dan langsung kita denda di ua pasar, yakni di Pasar Hewan Butuhrejo, Kecamatan Bayan dan Pasar Kutoarjo,” kata Budi saat memimpin razia di Pasar Kutoarjo, Kamis (16/7/2020).

Menurut Budi Wibowo, penindakan dengan memberikan sanksi denda bagi pelanggar harus dilakukan untuk mencegah semakin melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo. Hari ini saja Kamis (16/7/2020)  menurut data dari dinas kesehatan yang terkonfirmasi positif bertambah 5 orang setelah sebelumnya purworejo dinyatakan sebagai zona hijau.

“Kami sudah melakukan sosialsiasi tentang Perbup Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo dan sudah ribuan masker kami bagi secara gratis, tapi masih saja ada masyarakat terutama didominasi anak muda yang tak pakai masker,” kata Budi Wibowo.

Budi Wibowo menjelaskan, dalam Perbup, denda bagi warga yang tak bermasker maksimal Rp50 ribu. Tapi hari ini yang melanggar kita denda Rp10 ribu, mereka juga diberi masker gratis.

Sementara itu Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Endang Muryani, menegaskan untuk besarnya denda kami yang berhak menentukan.

“Hari ini yang tidak memakai masker langsung kami denda di tempat sebesar Rp10 ribu. Kita tidak sama dalam memberi denda. Mungkin  pada tempat lain bisa saja besarannya berbeda,” kata Endang.

Lanjut Endang, dengan denda langsung  diharapkan menjadi shock theraphy bagi masyarakat agar selalu memakai masker, dan ikuti protokol kesehatan.

“Kami akan terus melakukan razia masker dan akan langsung didenda di tempat. Walaupun di Perbup maksimal Rp50 ribu, tapi kami menetapkan Rp10 ribu. Namun perlu diingat jangan kaget jika di tempat lain dendanya berbeda-beda, mungkin dendanya akan lebih besar, apalagi yang sudah berulang kali kena razia dendanya bisa maksimal Rp50 ribu,” pungkas Endang.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply