BMKG: Bila Terjadi Tsunami, Hanya 36 Menit Air Laut Sudah Mencapai Daratan

PURWOREJO, rakyatkita.com,- Bila terjadi tsumami, desa sekitar yang terletak di pantai selatan Purworejo, seperti Desa Joyoboyo, Gedangan, Watukoro, Karanganyar dan desa lainnya di Kecamatan Purwodadi, Purworejo, berpotensi tenggelam bila terjadi tsunami di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat evaluasi sisir jalur evakuasi bila terjadi bahaya tsunami di pantai selatan di Desa Gedangan Purwodadi, Purworejo , Rabu (6/10/21).

Menurut Rita, bila terjadi gempa tsunami ketinggian ombak bisa mencapai 14 meter, dan air laut melalui aliran sungai Bogowonto menuju kedaratan hanya membutuhkan waktu 36 menit setelah terjadinya gempa. Sehingga potensi kerusakan bisa menjadi tinggi.

“Terakhir kali jalur evakuasi di pesisir pantai selatan disurvei tahun 2010, saat itu bersama negara Jerman. Hari ini kita cek ulang karena sudah 11 tahun, tentu sudah banyak perubahan,” jelas Rita.

Seperti survai saat ini, ucap Rita, semuanya telah berubah, kepadatan penduduknya sudah mulai meningkat, banyak lahan yang menjadi tambak udang serta untuk pertanian.

“Maka hari ini kita data, seperti jalur evakuasinya harus lebih tepat. Karena menurut peta BMKG, jalur evakuasi yang dulu, sekarang masuk zona bahaya, bahkan fasilitas kesehatan juga maduk zona bahaya. Itu sangat berbahaya dan berpotensi mengakibatkan risiko bertambah. Karena setiap kejadian gempa rata-rata semakin meningkat,”ucap Rita.

Rita mengungkapkan, tujuan ke sini untuk
evaluasi sisir jalur evakuasi dan mengecek jalur evakuasi dan verifikasi peta, sekaligus melakukan evaluasi apa saja yang akan dilakukan selanjutnya.

“Kami kesini hanya untuk memberikan rekomendasi kepada Pemda Purworejo untuk bisa memutuskan dengan tepat, karena kami tidak mempunyai otoritas untuk mengubah kebijakan,” pungkas Rita. (W)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply