Anggota DPR RI Vita Ervina Serahkan Bantuan Alsintan Rp 2,348 Miliar Kepada 30 Kelompok Tani

PURWOREJO,rakyatkita.com,- Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, dari komisi IV, Vita Ervina, SE, MBA, hari ini, Rabu (27/10/21) menyerahkan secara simbolis bantuan alsintan (alat mesin pertanian) sebanyak 30 unit, kepada 30 kelompok tani dari berbagai wilayah se- Kabupaten Purworejo.

Penyerahan yang dilakukan di Hotel Plaza Purworejo ini, merupakan kerjasama dengan Balai Besar Mekanisasi Pertanian, yang bersamaan diadakan kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi Penggunaan Alat Mesin Pertanian, yang merupakan kerjasama dengan Balai Besar Mekanisasi Pertanian.

Hadir dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi Penggunaan Alat Mesin Pertanian tersebut, Dr. Ir. Agung Prabowo, M. Eng., Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian atau yang mewakili, Wasit Diono, S,Sos., Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo.

Sedangkan yang ikut Kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi Penggunaan Alat Mesin Pertanian kepala desa atau ketua kelompok tani penerima program Aspirasi Bantuan Alsintan TA 2021 se Kabupaten Purworejo, para penyuluh pertanian, dan beberapa tamu undangan.

Vita menyampaikan, kegiatan Bimtek merupakan kerjasama antara Anggota Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian yang telah dilakukan secara berturut-turut dalam kurun waktu September sehingga akhir Oktober 2021, di wilayah Dapil Jateng VI (Purworejo, Magelang Raya, Temanggung dan Wonosobo).

Foto: wawan rakyatkita.com

“Kegiatan ini kita adakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kualitas SDM di sektor pertanian. Kami bersinergi, berkomitmen dalam upaya menuju sektor pertanian yang maju, mandiri dan modern,” ujar Vita.

Tujuan Bimtek ini terang Vita, untuk memberi gambaran tentang pemanfaatan dan penggunaan alsintan Sehingga para kelompok tani penerima alsintan dapat dibekali pengetahuan dan gambaran bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan alat-alat tersebut dengan baik dan bisa

“Saya berharap setelah kegiatan ini, Para perserta bisa menggetuk-tularkan pengetahuan kepada anggota kelompoknya yang lain, dan bisa sebagai ajang menjalin komunikasi, koordinasi antar sesama kelompok tani, sehingga harapannya petani mampu meningkatkan produktivitasnya dan secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkap Vita.

Vita mengungkapkan, pemerintah terus menerus memberikan dukungan program aksi dan bantuan yang langsung menyentuh dan berpihak kepada petani, mulai dari hulu sampai hilir seperti penyediaan benih berkualitas, modernisasi teknologi pertanian (alsintan), pengendalian OPT, Sarpras, asuransi usaha pertanian, subsidi pupuk hingga KUR.

“Semua program ini diberikan pemerintah sebagai modal awal dalam mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan. Terkhusus Alsintan, yang memiliki peran strategis dalam mekanisasi dan modernisasi pertanian agar proses menjadi lebih cepat, efektif dan efisien,” ucap Vita.

Melalui program bantuan alsintan kata Vita, baik pra panen maupun pasca panen ini, diharapkan kelompok tani dapat bekerjasama dan bahu membahu, bergotong royong, saling berbagi pengetahuan dan ketrampilan dalam mengoptimalkan bantuan alsintan yang diberikan.

Menindaklanjuti aspirasi masyarakat petani, kata Vita, Komisi IV DPR RI senantiasa memperjuangkan anggaran yang merata dan proporsional bagi program bantuan alsintan dalam rangka modernisasi dan mekanisasi pertanian, yang kemudian menjembatani penyaluran alat mesin pertanian ke kelompok-kelompok tani.

“Seperti hari ini, ada bantuan senilai Rp 2,348 miliar itu, ini merupakan aspirasi saya sebagai anggota DPR RI dari Dapil VI Jateng (Purworejo, Magelang Raya, Wonosobo, Temanggung), yang diteruskan ke Kementerian Pertanian,” jelas Vita.

Vita menjelaskan, pada tahun ini untuk Kabupaten Purworejo, kamimenyerahkan 30 unit alsintan pada kelompok tani berupa traktor roda 2 sejumlah 11 unit, traktor roda 4 sejumlah 3 unit, Cultivator 2 unit, Rice Transplanter 1 unit, Pompa Air 3 unit, Power Thresher 2 unit, Combine Harvester Besar 1 unit, dan Rice Milling 1 Unit.

“Saya berharap, alsintan ini segera diserahkan kepada para kelompok tani yang menerimanya, sehingga, bisa cepat dipergunakan,” pungkas Vita.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply