Polres Kebumen Tetapkan 16 Tersangka Dalam Penyerangan Kantor LSM GMBI

KEBUMEN, rakyatkita.com,- Usai penyerangan ormas PP ke kantor sekretariat LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) di Jl Yosudarso, Desa Wero, Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Senin siang ( 23/8/21) kondisi Kabupaten Kebumen semakin Kodusif

Diceritakan sebelumnya dalam kejadian tersebut, polisi mengamankan 75 oknum anggota Ormas Pemuda Pancasila yang berada di TKP. Mereka diamankan untuk dimintai keterangan dan klarifikasi mengenai kejadian tersebut.

“Keterangan dari saksi sangat penting untuk memastikan siapa pelaku perusakan. Untuk bukti-bukti sudah kita kumpulkan, ada video, barang bukti di TKP, saksi-saksi dan kita sudah melakukan olah TKP, “kata Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama dalam rilis media di Mapolres, Selasa Sore, (24/8).

Lanjut Kapolres, dari 75 orang yang diperiksa, setelah dilakukan penyidikan, 16 orang menjadi tersangka dugaan kekerasan secara bersama-sama melakukan pengrusakan barang.

“Atas perbuatanya, para tersangka akan kita jerat dengan pasal 170 KUH Pidana tentang pengrusakan dimuka umum secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” ungkap Kapolres.

Selain itu, jelas Kapolres, mereka juga dijerat jo pasal 406 KUH Pidana tentang barang siapa yang dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakkan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau, sebagian milik orang lain diancam dengan pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan atau pidana denda paling banyak Rp 4.500.

“Untuk total Kerugian masih kita lakukan perhitungan,” Ucapnya.

Sementara, siapa penggerak aksi massa tersebut, dan apa peran mereka masing-masing kapolres menyatakan bahwa, peran mereka bersama-sama.

Dalam kejadian tersebut, barang bukti yang berhasil diamankan oleh penyidik adalah:

1. Mobil Daihatsu Sigra warna hitam berstiker GMBI Nopoll R 1709 KP

2.Mobil Nissan Grand Livina warna abu-abu dengan Nopol B 2545 

3. Pecahan 2 sprion mobil strada dan pecahan batu

4. Sobekan Proposal Milik GMBI dan sisa baju GMBI yang dibakar

5. Mobil Daihatsu Ayla No.Pol D 1091 AGU 

6. Mobil Honda Jazz Warna Hitam dengan No.Pol AA 8163 NF 

7.Mobil Timor Warna Putih No Pol AD 7246 CF 

8. Barang Bukti yang ditemukan di dalam kantor GMBI

9. Dua buah senjata tajam, kayu dan batu.

“Untuk para tersangka langsung kita tahan dititipkan di Rutan Polda Jawa Tengah, Alasan penitipan karena ruang tahanan di Polres Kebumen tidak memungkinkan menampung belasan tersangka tersebut,”pungkas Kapolres.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply