Taman Olga Pakuwojo, Diresmikan Bupati Purworejo, Wakil Bupati Hadiri Malam Tasyakuran

PURWOREJO, rakyatkita.com,- Taman Olah Raga Pakuwojo di Dukuh Nasaran Kelurahan Cangkrep Lor Kecamatan Purworejo, akhirnya bisa selesai. Taman ini dibagun oleh Pakuwojo yang merupakan perkumpulan Warga Purworejo di Jakarta.

Ketua Pakuwojo Zainal Arifin mengatakan, Pakuwojo merupakan organisasi, perkumpulan keluarga besar Purworejo di Jakarta dan juga organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial,ekonomi dan budaya.

“Pakuwojo selalu aktif mengikuti kegiatan pentas seni yang diselenggarakan tiap tahun di Taman Mini. Ini merupakan program dari Jawa Tengah yang dimulai dari tahun 1995 sampai sekarang, Pakuwojo selalu aktif ikut berpartisipasi dalam program tersebut,”jelas Zainal.

Zainal mengungkapkan, alasannya mendirikan taman olahraga karena pandemi Covid-19 belum bisa tahu kapan akan berakhir. 

“Kita belum tahu kapan pandemi ini akan berkahir. Dengan Taman ini supaya warga sekitar dan masyarakat umum agar rajin berolahraga,” kata Zainal.

Selai olah raga, ungkap Zainal, ada taman bermain anak, tujuan dibangun supaya anak-anak tidak hanya bermain HP, tapi bisa bermain sekaligus olahraga di taman.

“Di sini ada meja ping pong, ada lapangan badminton, syukur-syukur dari kampung ini bisa menghasilkan atlet berprestasi,” ucap Zainal yang mempunya usaha bahan kimia.

Zaenal mengatakan taman ini tadi pagi Sabtu (18/12/21) diresmikan oleh Bupati Purworejo H. Agus Bastian SE, MM, dengan menandatangani prasati.

Usai peresmian, Bupati keliling Taman Olah Raga Pakuwojo untuk melihat. Bahkan Bupati juga berkesempatan bermain tenis meja dan badminton,” ucap Zainal.

Untuk malam tasyakuran ini, ungkap Zainal, akan dihibur dengan tarian lokal Purworejo yaitu Ndolalak dari Cangkrep Lor serta Wayang kulit dibawah asuhan dalang Ki Narpo Guno Prayitno dari Desa Nduduh Kecamatan Grabag.

Sementara itu, tasyakuran Taman Olahraga Pakuwojo dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, bersama para kepala OPD, Forkompincam Kecamatan Purworejo, pengurus dan anggota Pakuwojo serta tamu undangan lainnya.

 

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengatakan, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo), yang telah membangun fasilitas olahraga dan budaya bagi masyarakat.

Fasilitas di Taman Olahraga Pakuwojo ini, memiliki kegunaan dalam jangka panjang, maka hendaknya senantiasa dijaga, dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Kita semua menyadari bahwa olahraga dan budaya merupakan bagian penting dari pembangunan berkelanjutan, salah satunya dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia,” terang Yuli, Sabtu (18/12/21) malam.

Oleh karena itu terang yuli, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah memiliki instansi yang khusus mengelola kedua bidang tersebut, meskipun nomenklatur satu dengan lainnya tidak selalu sama.

“Keberadaan sarana prasarana tersebut sangat penting, karena tanpa adanya fasilitas olahraga dan budaya yang memadai, maka potensi yang dimiliki oleh masyarakat tidak dapat tereksplorasi secara optimal,” ucap Yuli.

Menurut Yuli,Pembangunan Taman Olahraga Pakuwojo ini merupakan bentuk nyata partisipasi aktif komponen masyarakat, dalam hal ini Pakuwojo yang merupakan perkumpulan trah Purworejo di perantauan.

“Sudah banyak kontribusi yang diberikan oleh Pakuwojo untuk kemajuan dan perkembangan Kabupaten Purworejo. Mudah-mudahan semua itu mampu memotivasi komponen lainnya untuk turut berkontribusi bagi pembangunan daerah,” ungkapnya.

Yuli berharap, dengan keberadaan Taman Olahraga Pakuwojo ini dapat berguna sebagai wadah interaksi dan komunikasi sosial, serta mendorong masyarakat untuk rajin berolahraga, semangat dalam berkesenian dan gemar membaca, pungkasnya. (Wan)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply