PKK Tempuran Magelang Studi Banding Ke PKK Pangenjurutengah Purworejo

PURWOREJO, rakyatkita.com-Tim Penggerak PKK Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, studi banding ke TP PKK Kelurahan Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo, sebagai juara 2 tingkat Kabupaten Purworejo terkat terkait lomba Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya PKK), dan juara I dalam lomba Taman Cerdas Hatinya PKK RW 08 tingkat Kabupaten Purworejo.

Rombongan dari Magelang diterima Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon, di Balai RW 08 Pangenjurutengah, ( Perum KBN ), Rabu (10/11/21).

Turut mendampingi Plt Sekcam Purworejo Adi Pawoko SSTP MSi , Lurah Pangenjurutengah, Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Pangen Jurutengah dan sejumlah pengurus PKK.

Camat Tempuran Yuvita Isni Kadratin SE MM yang memimpin rombongan mengungkapkan, studi banding bertujuan untuk belajar mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat. Juga bertukar ilmu dan sharing tentang pemanfaatan Hatinya PKK, agar bisa menjadi asri meskipun halamannya minim, serta belajar bagaimana pengolahan limbah rumah tangga.

Ket Foto: Tim Penggerak PKK Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, foto bersama di Taman Pintar 

 

Dalam kunjungannya, Yuvita juga menceritakan sekilas tentang Desa Growong yang berada diketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Potensinya budidaya tanaman herbal karena pegunungan dan tanahnya berbeda dengan desa lain.

“Tentunya dengan studi banding, apa yang kami peroleh disini, nantinya dapat diterapkan di Desa Growong, sehingga sampah dan halaman dapat terkelola dengan baik,” ungkap Yuvita.

Sementara Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, Kelurahan Pangenjurutengah dalam lomba Hatinya PKK, memperoleh juara 2 tingkat Kabupaten Purworejo dan juara I lomba Taman Pintar tingkat Kabupaten Purworejo.

Erna mengungkapkan, pengolahan Hatinya PKK dan pengolahan limbah rumah tangga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan PKK Pokja III. Masing-masing rumah memanfaatkan halaman yang ditanami sayuran buah hingga tanaman hias.

“Termasuk dalam pengolahan sampah sudah dibiasakan memilah sampah, kemudian disetorkan di bank sampah yang berbagi hasil penjualan untuk mendukung kegiatan PKK RW,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Sekcam Purworejo Adi Pawoko SSTP. MSi mengatakan, warga Pangenjurutengah memiliki semangat yang tinggi dalam kegiatan PKK.

“Tentunya dengan menjadi juara Hatinya PKK, diharapkan bisa menularkan apa yang menjadi keunggulannya, sehingga dapat bermanfaat serta dapat saling bertukar ilmu,” katanya.

Usai pertemuan, tim rombongan dari Magelang selanjutnya diajak keliling melihat secara langsung bank sampah, taman pintar, rumah sehat, dan pemanfaatan halaman. Termasuk melihat hasil kerajinan tangan seperti pembuatan tas dari limbah, batik tulis, minyak kelapa, dan sebagainya. (W)

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply