Ini Pendapat Saksi Ahli Terkait Gugatan Yayasan Manggala Praja Adi Purwa

PURWOREJO, rakyatkita.com,- Gugatan Yayasan Manggala Praja Adi Purwa sampai Tahap saksi ahli. Terkait tiga pembina Yayasan Manggala Praja Adi Purwa (YMPAP), sebagai pendiri Akper Pemkab Purworejo (Akta 35 tahun 2002), melakukan gugatan perdata terhadap pendiri yayasan baru pengelola Akper Pemkab Purworejo, Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo (YMPAPP).

Menurut Dewa Antara, SH, pengacara penggugat mengatakan, gugatan ini dilakukan oleh Slamet Darsono, Bejo Pranoto, dan Sururi sebagai pembina di YMPAP (Akta 35 tahun 2002), kepada pendiri YMPAPP, yakni Sumardi, Sarjana, dan Hendarto Abdul Majid, serta pihak yang ditunjuk menjadi pembina, pengurus dan pengawas di YMPAPP yang pendiriannya berdasarkan Akta Notaris Sri Rahayu Kasriyani, SH No 1 Tahun 2016 di Demak.

“Untuk sidang gugatan hari ini, kami dari pihak penggugat, mendatangkan saksi ahli dosen Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Irna Nurhayati, SH, M.Hum, LL.M, Ph.D, ” jelas Dewa Antara, SH, Kamis (11/02/21) siang di kantornya.

Dewa mengatakan, Gugatan keperdataan ini berkaitan dengan rapat dari akta 35 tahun 2002, yang dilaksanakan oleh pembina-pembina yang lain, namun rapat itu melanggar AD ART yang terdapat dalam akta 35 tersebut.

Menurut Dewa, didatangkannya saksi ahli tersebut, untuk membuktikan adanya perbuatan melawan hukum dalam rapat pembina.

“Kesimpulan dari saksi ahli bahwa akte no 1 tahun 2016 bermasalah secara hukum, yakni salah menerapkan pasal yang menjadi dasar rapat pembina, seharusnya pasal 22 Akta no 35 th 2002. dan juga UU yayasan,”jelas Dewa.

Selain itu, kata Dewa juga terkait persoalan penguduran diri pembina yang telah dicabut lagi dan di restrukturisasi pembina, serta adanya pemalsuan surat keterangan.

“Notaris Sri Kasriyani seharusnya menclearkan persoalan ini dahulu sebelum membuat akta notaris,” pungkas Dewa.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply