SMPN 20 Laksanakan MPLS Dengan Virtual Video YouTube

Suswanto, SPd, M.M.Pd,Kepala SMPN 20 Purworejo, saat membuka MPLS melalui Video YouTube, Senin (12/07/21) – foto:rakyatkita.com

 

 

PURWOREJO, rakyatkita.com– Awal masuk sekolah bagi siswa baru merupakan hal yang menyenangkan bagi siswa baru. Namun karena tahun ajaran baru 2021-2022 dalam masa PPKM Darurat atau masa pandemi Covid-19 maka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dilaksanakan dengan cara virtual.

Seperti yang dilakukan siswa baru SMPN 20 Purworejo, sebanyak 192 siswa kelas VII selama 3 hari, mulai Senin (12/07/21) hingga Rabu (14/07/21), mengikuti MPLS secara virtual.

“Jadi selama MPLS, siswa baru mendapat materi dalam bentuk video YouTube dan siswa mengikuti di rumah masing-masing, dengan menonton video di YouTube melalui link yang sudah ditentukan,” jelas Kepala Sekolah SMPN 20 Purworejo, Suswanto, S.Pd, M.M.Pd. melaui Marlan, SP.d, selaku Waka kesiswaan dan juga Ketua Panitia MPLS, Selasa (13/07/21).

Lanjut Marlan, hari pertama MPLS diisi dengan upacara pembukaan oleh Kepala Sekolah SMPN 20 Purworejo, Suswanto, S.Pd, M.M.Pd. melaui video YouTube Kemudian dilanjutkan dengan pemberian beberapa materi.

“Untuk materi diantaranya, Wawasan Wiyata Mandala, pengenalan kurikulum, cara belajar efektif, pengenalan fasilitas dan sarana prasarana sekolah, dan materi lainnya yang semuanya dibuat dalam bentuk video YouTube,” ujar Marlan.

Marlan menjelaskan, siswa yang mengikuti MPLS dengan melihat YouTube juga sebagai absensi kehadiran siswa. Karena setelah melihat video YouTube, siswa akan merespon dengan mengirim lewat twibbonize yang linknya sudah dibagikan.

“Sedangkan dihari kedua, ada evaluasi dan penugasan bagi siswa baru, dan hari terakhir MPLS akan ditutup dengan upacara penutupan, selanjutnya hari berikutanya siswa akan melaksanakan KBM (kegiatan belajar mengajar) secara daring melalui aplikasi Google Class Room,” ungkap Marlan.

Marlan mengungkapkan, sebelum pelaksanaan MPLS dimulai, dua minggu setelah PPDB sekolah sudah mempersiapkan materi yang dibuat oleh tim kreatif, dengan membuat video dan konten-konten lainnya, jadi tidak ada kendala selama MPLS sehingga kegiatan MPLS di SMPN 20 Purworejo bisa berjalan dengan baik dan targetnya terpenuhi.

Kami berharap, siswa yang mengikuti MPLS secara virtual bisa mengikuti dengan baik, karena kegiatan ini sangat diperlukan bagi siswa baru, yang terpenting tetap melaksanakan prokes,”pungkas Marlan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply