Sebagai Sekolah CoE, SMK YPT Purworejo Meperkenalkan Wisata Edukasi Ke Calon Siswa Baru

PURWOREJO,rakyatkita.com,– Ada yang lain di SMK YPT Purworejo setelah mendapat predikat sebagai sekolah CoE (Center of Excellence), kini SMK YPT menjadi sekolah Wisata Edukasi dari berbagai sekolah baik dari SMK yang ingin study banding ataupun dari SMP.

Seperti hari ini, Kamis (29/4/21) SMK YPT Purworejo mendapat kunjungan dari SMPN 31 Purworejo dalam rangka Wisata Edukasi.

Menurut Kepala SMK YPT Purworejo Toto Wibawa, SPd, MPd, melalui Waka Kesiswaan, Fahruroji, SPd T, M.Pd, kedatangan siswa SMP ini ke SMK YPT Purworejo dalam rangka melihat langsumg keberadaan sekolah ini, baik dari gedung, sarana prasarana, dan peralatannya sesuai kompetensi yang ada, mereka yang datang merupakan siswa kelas VIII yang tertarik dan ingin melanjutkan ke SMK.

“Kegiatan Wisata Edukasi ini sebagai tindak lanjut dan himbauan dari Dr Nikmah Nurbaiti, S.Pd, M.Pd.BI, selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jawa Tengah,” ucap Fahruroji, Kamis (29/04/21).

Lanjut Fahruroji, saat itu beliau mengatakan, setelah mendapatkan predikat sebagai sekolah CoE (Center of Excellence), SMK YPT Purworejo wajib memperkenalkan keberadaan sekolah ini pada masyarakat. Maka dari itu usai peresmian SMK YPT Purworejo mengundang beberapa SMP di wilayah Purworejo, siswanya yang banyak berminat melanjutkan sekolahnya ke SMK khususnya di SMK YPT Purworejo untu Wisata Edukasi ke SMK YPT Purworejo.

“Beberapa SMP yang datang ke sekolah untuk Wisata Edukasi kita beri layanan atar jemput gratis. Selanjutnya kita perkenalkan secara langsung baik gedung, alat-alat praktek yang di pakai, kita juga memberi penjelasan secara teori dan praktek. Mereka juga kita ajari secara langsung cara menggunakan peralatan praktek,” terang Fahruroji.

siswa SMPN 31 Purworejo saat mempraktekan alat hidrolis saat Wisata Edukasi di SMK YPT Purworejo, foto wn

Dengan begitu, ucap Fahruroji, harapannya dengan berkunjung langsung di SMK YPT Purworejo, siswa SMP yang datang akan lebih tertarik dan lebih percaya, bahwa SMK YPT Purworejo mempunyai peralatan, gedung, dan tempat praktek yang sudah standar pabrik.

Fahruroji mengatakan, selain sebagai Wisata Edukasi, ini juga sekalian sebagai promosi PPDB tahun pelajaran 2021/2022. Tujuannya agar siswa SMP yang ikut Wisata Edukasi tertarik dan melanjutkan sekolah di SMK YPT Purworejo.

“Saat ini jurusan yang ada di SMK YPT Purworejo ada 7 jurusan yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik(TITL) dengan kuota 36 siswa, Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dengan kuota 72 siswa, Teknik Pemesinan, dengan kuota 36 siswa, Teknik Mekanik Industri (TMI) dengan kuota 36 siswa, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), kuotanya 72 siswa untuk kelas reguler, dan 20 siswa untuk kelas industri,” ungkap Fahruroji.

Menurut Fahruroji, untuk Kelas industri merupakan jurusan baru di PPDB tahun ini. Jurusan ini selain memiliki banyak kelebihan, siswa yang masuk jurusan ini juga siswa pilihan. Kwalifikasinya seperti tinggi badan, kecerdasan, dan kesehatan.

“Di kelas industri ini, nanti akan ada guru tamu dari industri. Yakni dari Nasmoco Magelang yang sudah kerjasama dengan SMK YPT Purworejo,” ungkap Fahruroji.

Sementara Guru BP, FS Subagyo, SPd, pendamping siswa SMPN 31, mengatakan kunjungannya ke SMK YPT Purworejo itu untuk memberikan wawasan dan gambaran, kepada siswa tentang SMK. Karena siswa yang ikut ke sini kebanyakan berminat melanjutkan ke SMK teknik.

“Saya memilih kunjungan ke SMK YPT Purworejo ini karena lokasinya strategis, ramah anak, alat dan tempat praktek sudah standar pabrik serta sekolah sebagai pusat unggulan atau sekolah CoE,” pungkas Subagyo.

Untuk diketahui, sampai saat ini, SMP yang sudah kunjungan Wisata Edukasi ke SMK YPT Purworejo sudah ada 6 sekolahan yakni SMPN 26, MTs Ma’ Arif NU Cangkrep, SMP Muhammadiyah Purworejo, SMPN 24, SMPN 33, dan hari ini SMP N 31.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply