OSIS SMK YPT Purworejo Salurkan Zakat Fitrah Ke Masyarakat Yang Membutuhkan

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Akhir Ramadham 1442 H, bagi umat Islam diwajibkan menunaikan Rukun Islam yang ke 3 yaitu membayar zakat fitrah.

Hal itu juga di lakukan SMK YPT Purworejo, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, OSIS SMK YPT Purworejo menyelenggarakan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah dari siswa dan guru yang beragama Islam.

Toto Wibawa, SPd, MPd, Kepala SMK YPT Purworejo, mengatakan, untuk zakat fitrah siswa berupa beras 2,5 kg, sedangkan guru berupa uang Rp 30 ribu.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama tiga, mulai hari Kamis (06/05/21) hingga Sabtu (08/05/21), dan terkumpul uang Rp 1,8 juta dan 450 paket beras,” jelas Toto, Senin (10/05/21).

Toto menjelaskan kegiatan ini murni dilkukan siswa, mulai dari pengumpulan, pengemasan, pendataan dan pendistribusian semua siswa yang melakukan. Sedangkan Guru hanya sebagai pendamping saja.

“Zakat fitah ini akan kita salurkan ke yayasan-yayasan disabilitas, Panti Plandi /Panti yang menangani Orang Dengan Gaguan Jiwa( ODGJ), pondok pesantren, warga sekitar lingkungan sekolah dan warga sekitar rumah tinggal bapak/ibu guru SMK YPT, serta bagi siswa yang membutuhkan,”ungkap Toto.

Menurut Toto, kegiatan ini sebagai bentuk pendidikan karakter bagi siswa dan bentuk kepedulian untuk menumbuhkan rasa sosial terhadap lingkungan, terhadap teman, terhadap yang membutuhkan. Selain itu zakat fitrah merupakan kewajiban seorang muslim untuk membayar zakat.

“Saya berharap, dengan kegiatan tersebut untuk siswa bisa mempertebal keimanan. Sedangkan untuk masyarakat ikut peduli dengan sekolah, dan sekolah di mata masyarakat tidak hanya mengejar pada pembelajaran saja yang ada di dalam kelas saja, tapi pembelajaran secara langsung kepada masyarakat,” pungkas Toto.(wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply