LSP P1 SMK N 3 Purworejo, Adakan Pelatihan Asesor

PURWOREJO, rakyatkita.com,- Untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terutama para guru SMK dan cara yang tepat untuk pengembangan SDM salah satunya melalui sertifikasi profesi.

Untuk itu ketua panitia Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dari SMK Negeri 3 Purworejo, bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mengadakan pelatihan Work Place Assessor (WPA) dan Recognition Current Competency (RCC), dengan menghadirkan dua Master Asesor dari BNSP sebagai narasumber yakni Mulyo Budi Setiawan, SE, MM, dan Sri Pujiastuti, SE MM.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari ini, yang dimulai tanggal 9 November hingga 13 November 2020 dibuka secara resmi oleh Aris Goetomo Danuewarsito perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan wilayah VIII Propinsi Jateng, Senin di Hotel Plasa Purworejo.

Menurut Mulyo Budi Setiawan, pelatihan tersebut sangat penting dilaksanakan karena para SDM inilah yang akan melakukan pengujian kompetensi bagi para siswa SMK sebelum mereka terjun ke dunia Industri dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

“Untuk mampu sebagai seorang penguji kompetensi, maka SDM ini harus memiliki sertifikasi asesor yang dikeluarkan oleh lembaga resmi milik pemerintah,” ujar Mulyo.

“Lanjut Mulyo, dalam pelatihan ini, waktu pelatihan selama 40 jam, yang dilaksanakan selama 4 hari. Materi yang disampaikan, untuk unit-unit kompetensi dari seorang assesor.

“Yang pertama adalah merencanakan aktivitas dan proses asesmen, yang kedua melaksanakan asesmen dan yang ketiga memberikan kontribusi dalam validasi asesmen. Selain teori materi juga praktek, mereka Melakukan asesmen,”Mulyo Budi, Rabu (11/11/2020).

Untuk jadi seorang asesor jelas Mulyo Budi, harus mengikuti Diklat selama 40 jam dan kemudian mengikuti uji calon asesor di hari kelima dan harus lulus diklat dan harus lulus uji asesornya.

“Asesor itu bisa dari seluruh sektor. Kalau 24 peserta ini ada beberapa sektor, seperti bidang otomotif ada sektor tata busana, perkantoran, akutansi dll,” ungkap Mulyo Budi.

Mulyo Budi berharap, dengan pemberian materi ini peserta diklat nanti outputnya dia bisa menjadi seorang asesor kemudian dengan bekal profesi sebagai guru dan sekaligus sebagai asesor dia bisa berkontribusi untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia ini.

Sementara itu Ari Purwandari Spd. Mpd, sebagai ketua panitia penyelenggara Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dari SMK Negeri 3 Purworejo menjelaskan, untuk SMK N 3 sendiri sudah angkatan ketiga, tapi kalau wilayah Purworejo kami yang keempat jadi kenapa yang keempat, karena kami bekerja sama dengan tiga sekolah yakni LSP P1 SMK Negeri 1, LSP P1 SMK Negeri 2 dan LSP P1 SMK Negeri 3.

“Dalam kepanitiaan kami selalu bergantian. Untuk SMK 3 Kami yang ke-3, dan sebagai penanggung jawab Syamsiah,Spd. Mp, selaku dewan pengarah,” terang Purwandari.

Menurut Purwandari, ada dua kegiatan pertama WPA pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 9 sampai dengan tanggal 12 November dan tanggal 13 ujian. Kemudian Senin hingga Kamis, tanggal 16-17 November RCC.

“Ujian RCC itu untuk yang mengikuti mereka yang sudah asesor namun karena masa berlakunya tiga tahun sudah habis harus di perpanjang lagi, supaya bisa Menguji, jadi memperbarui dan harus lulus. Untuk ujian RCC dari Purworejo kebanyakan dari SMK Negeri 3, yang lainnya dari Solo, Sukoharjo, Magelang dan Karanganyar,”kata Purwandari.

Rencananya hari Jumat besok jelas Purwandari, calon asesor akan melaksanakan ujian di SMK Pancasila Kutoarjo, ada 5 kejuruan yang diuji, ada teknik mesin, multimedia, listrik, busana, dan TKR. Setelah lulus dan mendapatkan sertifikat dari BNSP yang sudah direkomendasikan oleh para Master. Ibaratnya sudah punya SIM nantinya LSP P1 mereka akan menugaskan menguji SMK-SMK.

“Biasanya menguji di kelas 10, 11 atau 12 tergantung dimana dia digunakan. Soalnya kalau tidak punya sertifikat mereka tidak bisa menguji,” pungkas Purwandari.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan