BMKG Goes to School 2021 Sosialisasikan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di SMPN 34 Purworejo

Kepala SMPN 34 Purworejo Kasinah, S.Pd, M.M
Saat menerima surat perjajian kerjasama dengan BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara,Rabu (29/09/21) foto: rakyatkita.com

 

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (GMKG) Banjarnegara bekerjasama dengan SMPN 34 Purworejo, mengadakan Sosialisasi Mitigasi Gempabumi dan Tsunami, Rabu (29/9/21).

Kegiatan sosialisasi, bertemakan ‘BMKG Goes to School 2021’, dibuka oleh Widi Harissandi, S.Si, mewakili Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, dengan diikuti 25 perwakilan siswa dan beberapa guru pendamping.

Acara yang berlangsung dari jam 09.00 hingga 11.30 WIB itu, menghadirkan narasumber dari petugas dari BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara yakni Ekalia Ardenti, S.Si dan Berlian Utaminingttas, S.Tr.

Kepala SMPN 34 Purworejo Kasinah, S.Pd, M.M menyampaikan, sebelum sosialisasi dimulai, sebelumnya peserta melakukan pre test dengan mengerjakan soal tentang BMKG.

“Soal pre test dikerjakan sesuai pengetahuan siswa, dan setelah mengikuti sosialisasi, dilanjutkan mengerjakan post test,” terang Kasinah.

Lanjut kasinah, para peserta juga diputarkan video tentang bencana tsunami dan dilanjutka simulasi di luar ruangan.

“Simulasi diluar ruangan, para peserta seolah- olah mengalami gempa dengan kekuatan besar yang menimbulkan tsunami, mereka keluar ruangan sambil berlarian dan kumpul di halaman, bahkan diceritakan ada yang terluka,” ujar Kasinah.

Di sesi ini, kata Kasinah, Petugas BMKG menjelaskan bagaimana cara menghadapi bila terjadi gempa dan cara mengevakuasi.

“Jadi dalam materi sosialisasi ini, intinya memperkenalkan mitigasi gempabumi dan tsunami pada siswa,” kata Kasinah.

Sosialisasi ini dilakuakan ucap Kasinah, karena SMPN 34 Purworejo terletak dekat pantai. Hal ini dilakuakan untuk mengantisipasi jika nanti benar-benar terjadi bencana gempa dan Tsunami, sehingga bagaimana langkah yang harus dilakukan.

“Saya juga bertemikasih kepada BMKG, karena dengan sosialisasi ini, wawasan kita bisa bertambah terutama tentang Gempabumi dan tsunami, serta langkah-langkah cara mengatasinya,” ungkap Kasinah.

Kasinah berharap, jika nanti ada lagi kegiatan BMKG Goes to School, semoga semua siswa bisa ikut.

“Karena saat ini yang ikut sosialisasi hanya perwakilan siswa, kami harapkan para peserta bisa menularkan pengetahuannya pada temannya,”pungkas Kasinah. (W)

   

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply