360 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo Mengikuti Pembinaan

Dandim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim. 
saat memberikan pengarahan ke anggota Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo, Rabu (16/06/21) – foto: rakyatkita.com

 

 

PURWOREJO,rakyatkita.com, – Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo hari ini mengikuti pembinaan sebelum mereka dikukuhkan.

Ada 360 anggota Pramuka yang merupakan binaan TNI AD (Kodim 0708 Purworejo), mereka yang mengikuti acara tersebut semuanya siswa kelas X SMK TKM Purworejo.

Menurut Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, Kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok, dan dilaksanakan dalam dua gelombang, karena berkaitan dengan protokol kesehatan.

“Untuk gelombang pertama, dilaksanakan dari Senin (14/07/21) hingga Selasa (15/06/21) dan gelombang dua dari Rabu (16/06/21) hingga Kamis (17/06/21),” terang Ki Gandung, Rabu (16/06/21).

Ki Gandung memgatakan, kegiatan pembinaan tersebut sebetulnya sudah dilaksanakan tahun lalu. Karena awal tahun pelajaran baru 2020/2021, sedang awal Pandemi, dan semua kegiatan dilarang akhirnya baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Ada beberapa materi yang disampaikan dalam pembinaan, seperti, ketamansiswaan, kepramukaan dan kepemimpinan oleh Kwarcab,” ujar Ki Gadung.

Lanjut Ki Gandung, sedangkan kesehatan oleh Dinkes, Wawasan Kebangsaan dari Dandim 0708 Purworejo, praktek pendirian tenda, PBB dasar dan PBB lanjut, oleh peserta, dilanjutkan dengan Krida, dan diakhiri upacara pengukuhan.

“Kenapa materi PBB (Peraturan Baris Berbaris) kita dimunculkan, karena PBB merupakan salah satu bentuk pendidikan kedisiplinan untuk siswa,” kata Ki Gandung.

Sedangkan wawasan Kebangsaan, ucap Ki Gandung, bertujuan memberi bekal pada siswa, karena siswa ini akan jadi calon pemimpin masa depan, sehingga harus betul-betul memiliki pemahaman yang luar biasa tentang wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Drs. Pram Prasetyo Achmad,MM, selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Purworejo, mengatakan dirinya dalam kegiatan ini akan menyampaikan beberapa materi tentang kepramukaan dan kepemimpinan.

“Materi yang akan saya sampaikan nanti, mengarah pentingnya pemahaman tentang jiwa kepemimpinan dan karakter. Seperti Karakter yang terkait dengan aspek kebangsaan, dan beberapa hal, seperti pemahaman kesadaran kebangsaan, kesadaran bernegara, nasionalisme dan patriotisme,” terang Pram Prasetyo.

Dari empat hal tersebut, kata Pram Prasetyo,
akan mengimplementasian hal-hal yang terkait dengan aspek teknis. Dengan begitu pemahaman tentang karakter tersebut, akan memiliki pemahaman yang kuat.

“Contohnya, seperti bagaimana membawakan diri dilingkungannya. Hal itu yang nanti menjadikan dia sadar akan pentingnya pemahaman,” ungkap Pram Prasetyo.

Intinya, dengan kegiatan ini, anak- anak akan mengerti pentingnya apa itu jiwa kepemimpinan, bagaimana menjadi individu yang bermakna, namun dengan berbekal kesadaran kebangsaan yang kuat,” pungkas Pram Prasetyo.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply