Guna Meningkatkan Pelayanan, Satpol PP Damkar Purworejo Tambah Dua Armada Baru

PURWOREJO, rakyatkita.com, -Sebagai sarana untuk meningkatkan pelayanan di bidang pemadam kebakaran. Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Purworejo mendapatkan tambahan dua armada baru. Dua armada tersebut terdiri dari satu mobil Pemadan kebakaran dan yang satunya mobil water supply.

Penyerahan dan peresmian penggunaan dua mobil pemadam kebakaran ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi yang dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Purworejo. Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wabup Yuli Hastuti, Kamis (02/09/21).

Hadir dalam peresmian tersebut Bupati Purworejo Agus Bastian SE.MM, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Asisten Pemerintahan Sri Setyowati SH.MM, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Boedi Hardjono, Kepala Satpol PP Damkar Budi Wibowo SSos Msi serta pejabat terkait lainya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Agus Bastian mengungkapkan bahwa dengan adanya dua armada baru tersembut sangat membantu Satpol PP Damkar dalam membatu masyarakat.

Menurutnya keberadaan petugas pemadam kebakaran (damkar) memiliki arti penting, sebagai wujud kehadiran negara untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi warga negaranya.

“Petugas damkar bukan saja mempunyai tugas untuk memadamkan ketika terjadi sebuah peristiwa kebakaran, tetapi mereka juga mempunyai misi besar berupa penyelamatan,” terang Bupati.

Lanjut Bupati, selain membantu memadamkan api saat kebakaran, mereka juga bertugas dan siaga membantu berbagai permasalah, seperti mengatasi pandemi Covid-19. Bahkan juga turut berkontribusi menyelesaikan persoalan sederhana dalam masyarakat, seperti menangkap ular dalam rumah, mengambil sarang tawon, menyelamatkan hewan piaraan yang terjebak di pohon dan sebagainya.

“Sehingga sesungguhnya petugas damkar layak mendapat gelar pahlawan tanpa tanda jasa,” katanya.

Menyadari peran penting dan strategis yang dimiliki damkar, maka Pemerintah juga terus berupaya memberikan perhatian yang semestinya. Mulai dari kelengkapan keselamatan pribadi hingga sarana prasarana pendukung yang memadai, seperti mobil pemadam kebakaran yang diresmikan hari ini.

Sementara itu Kepala Satpol PP Damkar Budi Wibowo menjelaskan bahwa dengan bertambahnya armada baru damkar akan menambah akselerasi karena 2 armada baru tersebut mempunyai tekhnologi terbaru sehingga bisa membantu saat mengatasi masalah.

“Kami mempunyai target respon time (masa tanggap) 15 menit dalam menghadapi kejadian kebakaran, bisa terwujud. Selain itu, kami merencanakan terwujudnya 5 Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) di eks kawedanan se Kabupaten Purworejo,” ucap Budi Wibowo.

Budi menjelaskan, mobil damkar aru ini memiliki double cabin serta memiliki daya pancar 25 bar, dengan kapasitas 4000 liter, dengan sistem penggerak PTO, dan sistem pump and roll. Sehingga dapat melakukan penyemprotan sambil berjalan.

“Mobil ini juga dilengkapi dengan body spray yang mampu melindungi mobil jika menembus api atau terkepung api,” ungkap Budi.

Sedangkan untuk mobil water supply bisa untuk mensuply air ke mobil tempur serta bisa juga digunakan sebagai mobil tempur karena sistemnya sama dengan mobil damkar tempur, pungkas Budi.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply