banner 728x90

GOWES PESONA NUSANTARA DI IKUTI RIBUAN PESERTA GOWESSER PURWOREJO

RK.Purworejo,- Sebanyak 5000 masyarakat Purworejo meramaikan gelaran Gowes Pesona Nusantara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang di wakili oleh asisten deputi kemenpora Teguh. Acara yang diselenggarakan di Kabupaten Purworejo, Minggu (03/09/17). Berbagai komunitas sepeda yang ada di Kabupaten Purworejo turut meramaikan gelaran yang diselenggarakan di 100 Kabupaten/Kota di Indonesia ini.

Gowes yang mengambil rute start di Pendopo Purworejo dan finish di Pantai Jatimalang Purwodadi ini dilepas secara resmi oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian bersama Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dan beberapa pejabat dari
Kemenpora.

Sebelum acara pemberangkatan, ribuan peserta yang sejak pagi berjajar di Pendopo dan sekitarnya telah menunggu untuk persiapan acara Gowes berlangsung yang sangat meriah. Semangat para gowesser pecah ketika Tanah dan Air Kebangsaan yang diambil dari tanah dan air asli Purworejo diberikan oleh Bupati kepada pejabat Kemenpora.

“Air Kebangsaan itu yang nantinya akan diarak dan diserahkan kepada Presiden pada puncak acara di Kabupaten Magelang,” terang Basuki.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purworejo, Basuki menyampaikan
Dalam kesempatan ini, para peserta akan menyusuri jalan Purworejo hingga Kecamatan Purwodadi dengan mengambil rute, dari Pendopo Kabupaten Purworejo dengan rute menyusuri desa dan finis di Pantai Jatimalang.

“Rute kita sekitar 25 kilometer. Rute ini sudah standar Nasional. Sesampainya di Finish, para peserta akan dihibur dengan penampilan kesenian Tari Dolalak, atraksi Kuda Lumping, tari siswa, Angklung dan lain-lain serta ada beragam dorprise dengan hadiah utama dua buah sepeda motor. Dengan mengambil tema Ayo Olahraga Gowes kali ini dimaksudkan untuk menggelorakan, mengajak dan memotivasi masyarakat untuk hidup sehat dengan bersepada. Memperkuat pendidikan Ke bhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antar warga dan menggerakan masyarakat Nasional menyongsong Paragames 2017 dan Asean Games 2018. Oleh karenanya nanti para peserta akan disambut disetiap desa, oleh warga dan anak-anak sekolah,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Purworejo dalam sambutanya mengapresiasi masyarakat Purworejo yang turut meramaikan acara tersebut. Dengan bersepeda diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk gemar berolahraga. Pihaknya juga berterimakasih kepada Kemenpora yang telah mempercayai Kabupaten Purworejo ikut dalam 100 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan acara Gowes Pesona Nusantara.

“Mens sana in corpore sano, didalam badan yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Mari kita berolahraga,” ungkap bupati purworejo Agus Bastian.

Sebelumnya, 15 peserta tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Tour Sabang-Magelang 2017 sampai di Pendopo Kabupaten Purworejo pada hari Sabtu (02/03/17). Lima belas peserta itu juga nantinya diiringi oleh 10 peserta dari komunitas sepeda olahraga di Purworejo hingga perbatasan Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Gowes Pesona Nusantara merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dimulai dari Sabang, Aceh, sejak 5 Mei 2017. Selain rute barat Indonesia, program pembudayaan olahraga sepeda itu juga digelar di rute timur Indonesia yaitu di Merauke, Papua, Rencananya minggu depan. Sabtu (09/09/17) di kota Magelang Jawa Tengah sebagai puncak acara “GOWES PESONA NUSANTARA” yang akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. ( Wan/pwj )

banner 468x60
Posted by: On: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply