Satu Lagi Destinasi Wisata Seru Situ Cinangsih, Cikuda Parung Panjang

Parung Panjang, rakyatkita.com.-  Badan usaha milik desa (atau diakronimkan menjadi Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman, yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Alokasi Dana Desa adalah dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk desa, yang bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa selanjutnya disingkat APB Desa adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan BPD, yang ditetapkan dengan Peraturan 

Situ Cinangsih adalah salah satu destinasi wisata Alam yang berada dalam wilayah Desa Cikuda, Kecamatan Parung Panjang. Kabupaten Bogor, yang kini dikelola bersumber dari dana Bumdes Desa memeliki area 11 Ha dengan berbatasan dengan Desa Pingku, dimana area wisata tersebut nantinya akan menjadi Ikon dari Desa Cikuda.

Hilman, Ketua Bumdes Cikuda, menegaskan bahwa anggaran dana Bumdes yang bersumber dari Banprov di akhir tahun 2020 ini dialokasikan ke wisata Situ Cinangsih dengan mengedepankan infrastruktur Paving blok yang kini sedang dikerjakan oleh warga.

” anggaran Bumdes yang senilai Rp.70 juta ini, kita alokasikan ke Infrastruktur wisata Situ Cinangsih dengan membangun Paving Blok seluas 250 meter serta Gapura, agar pengunjung bisa datang ketempat ini dengan nyaman,” ucap Hilman, kepada awak media dilokasi wisata Situ Cinangsih- Cikuda. Selasa (29/12).

Dikatakan, bahwa masih banyak yang harus dilakukan bagi Bumdes dalam renovasi wisata ini, tapi pihaknya harus menyesuaikan anggaran dana yang dimilkinya, mengingat area ini cukup luas sehingga memerlukan anggaran yang cukup banyak.

” seperti area jalan yang menuju tempat selvie itu nantinya kita akan paving blok agar aksesnya enak dilaluinya, sehingga pengunjung nyaman berada ditempat tersebut,” ucap Himan lagi

Hal ini diakui Samyani, Kepala Desa Cikuda, Kecamatan Parung Panjang, mengatakan bahwa Destinasi Wisata Situ Cinangsih nantinya akan menjadi Wisata yang akan memberikan tempat untuk memberikan refreshing bermain bagi keluarga, sahabat serta masyarakat yang berkunjung ketempat tersebut.

“Insya Allah tempat Wisata ini akan memberikan kenyamanan dalam kunjungan liburan bersama keluarga, Sahabat/Teman serta warga yang sengaja akan mencari tempat yang nyaman, Indah dan Asri,” ungkap Samyani.

Reporter  : Fattah.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply