Zain Panji Pangestu Dikukuhkan Sebahai Ketua HPDKI DPC Purworejo

Rakyatkita.com, Purworejo,–Ketua DPD HPDKI Jawa Tengah, Akbar Mahalli, S.Pt, mengukuhkan Pengurus Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) DPC Kabupaten Purworejo. Pengukuhan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (14/12/19).

Pada pengukuhan ini, Akbar menyerahkan Surat Keputusan Nomer 17/DPD HPDKI/KPPTS/XII/2019 tentang Pembentukan Pengurus DPC HPDKI Kabupaten Purworejo yang diterima ketuanya, Zain Panji Pangestu.

Akbar Mahalli menjelaskan, Pembentukan DPC HPDKI di Purworejo sebenarnya hanya bersifat legitimasi saja karena selama ini sudah banyak kegiatan-kegiatan  kontes kambing dibawah naungan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkanas) Kaligesing.

”Namun dengan ikut bergabung di DPDKI kegiatanya akan lebih luas lagi, tidak hanya kontes kambing saja, tapi bisa kambing perah, domba dan lainnya,”terang Akbar Mahalli.

Menurut Akbar, Purworejo itu juga berpotensi sekali untuk ternak kambing perah dan domba, disamping kambing kontes.

“Beberapa waktu lalu, saya pernah mengunjungi sejumlah peternak di Purworejo. Karena itu saya yakin temen-temen yang biasa ngurusi kambing kontes tidak kesulitan
mengembangkan kambing perah untuk produksi susu dan domba, karena lebih mudah merawatnya  ”ujar Akbar.

Semoga dengan terbentuknya pengurus HPDKI DPC Purworejo bisa mewadahi seluruh peternak baik kambing kontes, perah atau domba. yang ada di Purworejo bisa maju bersama, harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kelautan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono Ssos, dalam hal ini mewakili Bupati Purworejo menjelaskan, domba dan kambing merupakan ternak yang sangat mudah dalah hal merawat dan memberi makan, serta untuk menjualnya juga mudah.

 

Populasi kambing dan domba saat ini menyebar di seluruh wilayah Indonesia, populasi tertinggi untuk kambing adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sedang domba di Jawa Barat.

“Apalagi tingkat konsumsi daging domba dan kambing meningkat setiap tahunnya, produksinya daging kambing mencapai 64,9 ribu ton dan domba 44,5 ribu ton,”ujar Wasit.

Ketua HPDKI DPC Purworejo, Zain Panji Pangestu, berharap kedepan permasalahan di dunia domba dan kambing bisa dicari solusinya, baik pakan alternatif, yang bagus untuk pembesaran/penggemukan.

“Kami nantinya juga akan mengadakan kegiatan expo yang rutin bergilir di setiap kecamatan, dengan menampilkan produk-produk peternak HPDKI Purworejo. Selain iti juga ada program dari kandang ke kandang yang bisa diisi dengan tanya jawab.

Sementara itu Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan HPDKI DPC Purworejo para peternak kambing kontes, perah dan domba
dapat lebih maju dan menghasilkan ternak yang berkualitas, dan saya siap membantu serta diajak musyawarah jika ada kesulitan, pungkasnya.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply