Walau Produk Pabrik Membanjiri Pasaran, Pengrajin Dandang Tradisional Tetap Bertahan

PURWOREJO,- rakyatkita.com,-Banyaknya produk pabrik alat dapur modern seperti dandang membanjiri di pasaran, membuat perajin dandang tradisional terus memutar otak agar bisa bertahan. Selain mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan, juga mengembangkan jaringan pemasaran yang lebih luas.

Salah satu perajin alat dapur tradisional yang masih bertahan dan hanya satu-satunya di Purworejo hingga kini adalah Nita warga Kelurahan Baledono Kabupaten Purworejo. Wanita yang meneruskan usaha orang tuanya yang telah belasan tahun ini mencoba bertahan memproduksi berbagai alat dapur seperti dandang, loyang dan sebagainya.

Foto: Pengrajin saat membuat pesanan // foto rakyatkita //wn

Usahanya yang terletak di jalan Magelang, tepatnya 100 meter dari lampu lalu lintas kolam renang Arta Tirta ini oleh Nita diberi nama “ Nitanium“. sesuai namanya dan bahan yang digunakan yakni alumunium dan Stainless. Selain membuat, Nita juga menerima servis atau perbaikan alat dapur yang rusak.

“Kami tetap bertahan karena usaha ini peninggalan orang tua dan pelanggan masih banyak yang pesan. Walau alat dapur buatan pabrik terus nembajiri, kualitas buatan kami tidak kalah,” ujar Nita selasa (3/11/2020) di tempat usahanya.

Lanjut Nita, selain Kualitas, dalam pemasaran juga mulai menggunakan media sosial (Online) dan juga kerjasama dengan pelagang -lama untuk memasarkan.

“Banyak juga yang pesan dari luar kota, seperti Wonosobo, Kebumen, Magelang, kebanyakan mereka pedagang bakso yang pesan dandang dan loyang untuk membuat roti,” jelas nya.

Menurut Nita, usaha bisa terus bertahan, karena para pelanggan sudah cocok dengan kualitasnya, menurutnya, buatan pabrik tidak awet.

“Untuk harga kami standar, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan, yang terpenting kualitas yang kami utamakan, “pungkas Nita.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan