Sebanyak 81 Desa di Purworejo Terima Bantuan Keuangan Dari Provinsi

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, memberi bantuan keuangan kepada pemerintah Kabupaten Purworejo sebesar Rp 15,7 miliyar untuk 81 desa dari 12 Kecamatan di Kabupaten Purworejo.

Bantuan tersebut disampaikan saat  Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Pemerintahan Desa untuk Peningkatan Sarana Prasarana Perdesaan tahun 2020 di pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (11/08/2020).

Acara sosialisasi tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, dihadiri anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Imam Teguh Purnomo, wakil ketua komisi A DPRD Purworejo Budi Sunaryo, Kepala PUPR Suranto, dan Kepala Dinpermades Agus Ari Setiyadi dan tamu undangan.

Imam Teguh Purnomo SE anggota DPRD Propinsi Jateng Dapil IX dari Partai Golongan Karya (Golkar) menyampaikan, bahwa selain memberi bantuan keuangan untuk desa Pemprov Jateng juga memberi bantuan keuangan untuk Kabupaten Purworejo senilai Rp 36 milyar dalam bidang insfratruktur.

“Bidang insfrastruktur tersebut adalah pembangunan 1 jembatan dan 7 ruas jalan, yang sumber dananya langsung dari dana aspirasi DPRD dan gubernur,” jelas Imam.

Lanjut Imam, tujuan dari pemberian bantuan ke 81 desa tersebut, untuk percepatan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, serta penanggulangan kemiskinan.

“Untuk bantuan bidang insfrastruktur, tujuannnya agar di desa insfrastrukturnya lebih baik dan terpenuhi, selain itu saat pembangunan bisa memperdayakan masyarakat desa yang tidak bekerja melalui program Padat Karya, sehingga menambah penghasilan warga,” ucap Imam.

Sementara itu Bupati Purworejo menyampaikan bahwa bantuan ini tidak serta merta diberikan begitu saja. Melainkan melalui verifikasi ketat dan berdasarkan usulan dari desa, dengan pengajuan proposal kegiatan yang sesuai perencanaan pembangunan desa.

“Makanya dari 469 desa di Kabupaten Purworejo, yang mendapat bantuan hanya 81 desa dengan jumlah bantuan per desa maksimal sebesar Rp 200 juta,” jelas Agus Bastian.

Bupati  berpesan kepada kepala desa yang mendapatkan bantuan, untuk dikelola sebaik-baiknya sesuai dengan regulasi yang ada. Jangan sampai terjadi penyimpangan baik yang disengaja atau tidak, yang nantinya bisa membawa implikasi hukum di kemudian hari. Karena bantuan ini ada pertanggungjawabannya.

“Semoga pelaksanaan kegiatan yang didanai dari bantuan tesebut tepat mutu, tepat waktu dan tepat sasaran. Sehingga hasilnya dapat benar-benar bermanfaat bagi kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Agus Bastian.

Untuk diketahui dari 81 desa yang mendapatkan bantuan yakni : Kecamatan Bayan 1 desa, Kecamatan Bener 17 desa, Kecamatan Bruno 6 desa, Kecamatan Loano 8 desa, Kecamatan Kaligesing 4 desa, Kecamatan Pituruh 9 desa, Kecamatan Grabag 9 desa, Kecamatan Gebang 7 desa, Kecamatan Butuh 1 desa, Kecamatan Kemiri 12 desa, Kecamatan Purwodadi 5 desa dan Kecamatan Kutoarjo 2 desa.( Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply