Mulai September, Pemda Akan Bayar Siltap Kades dan Perdes Tiap Bulan

Purworejo,rakyatkita.com,- Penghasilan tetap (Siltap) kades dan perdes (perangkat desa) akan dibayarkan setiap bulan, sesuai dengan tuntutan para kades dan perangkat desa. Mulai September Siltap akan dibayarkan tiap bulan. Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades ) Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiadi, S.Sos, saat dikonfirmasi wartawan selasa (28/7/2020) di ruang kerjanya.

“Namun dengan sayarat yaitu, penyerahan LPJ dan pengajuan permohonan harus tepat waktu setiap bulannya,” tegas Agus Ari Setiadi.

Menurut Agus, metode pembayaran Siltap empat bulan sekali sesuai Perbup Nomor 15 Tahun 2020 yang hingga kini masih berlaku. Jika akan diubah jadi sebulan sekali maka harus lebih dulu mengubah ketentuan dalam Perbup.

“Namun karena permintaan Siltap di bayarkan tiap bulan kami langsung melakukan Perubahan Perbup dan sekarang sudah selesai, bulan depan (Agustus) disosialisasikan, dan September sudah mulai dilakukan pembayarann tiap bulan, “ujar Agus.

Agus menjelaskan, Siltap adalah uang dari pemerintah yang penyalurannya harus melalui prosedur jadi tiap bulan harus mengajukan LPJ dan permohonan dan dengan begitu BPJS juga akan terbayarkan tiap bulan.

“Mulai Agustus LPJ dan pengajuan permohonan harus sudah diajukan, jadi September Siltap Keluar, intinya tiap bulan harus tepat waktu dalam pengajuan LPJ, kalau tidak ya percuma akan terlambat Siltapnya,”terang Agus.

Agus menambahkan, penghasilan tetap kepala desa sebesar 2,4 Rp juta, Sekdes Rp 2,2 juta, dan perdes Rp 2,02 juta. Adapun total perangkat desa di Kabupaten Purworejo sebanyak 5.125 orang tersebar di 469 desa. 

Saya berharap setelah dipenuhinya pembayaran Siltap tiap bulan dan BPJS terbayarkan tiap bulan, para perangkat desa dalam bekerja lebih giat, karena apa yang mereka minta sudah terpenuhi,” pungkas Agus.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply