Dr Reban Ingin Membangun Kabupaten Purworejo

Rakyatkita.com, Purworejo –Seorang Polisi yang berpangkat Kompol dan bertugas di Mabes Polri, Dr.Reban SE, MSi. Berniat
membangun daerah tempat lahirnya  di desa pinggiran Kabupaten Purworejo, sejak dulu sangat rindu ingin membangun Purworejo.

Karena banyak orang asal Purworejo yang merantau dan sukses mereka tampak kurang tertarik untuk ikut membangun daerah asalnya.

“Saya tidak menyalahkan mereka. Banyak hal yang membuat mereka kurang tertarik membangun daerah asal,”ungkap Reban.

Perwira menegah ini bertugas di Mabes Polri , namun setiap waktu pasti pulang kampung dan selalu ingin bergaul dengan masyarakat di daerahnya. walaupun tugasnya di ibukota akan tetapi namanya banyak dikenal masyarakat Purworejo.

Dr.Reban SE. MSi yang juga menjadi pembina koperasi UMKM Indonesia dengan web www.ngingu.co.id ,tengah berusaha melaksanakan program kemitraan dengan petani yakni, dengan ternak domba. Sejak 2019 dirinya melakukan sosialisasi, kini sedang mulai melakukan pembangunan kandang kambing.

“Sekarang ini kami sedang membangun kandang di Gebang, Kecamatan Gebang, dan rencananya akan ada beberapa desa lagi yang akan dijadikan lokasi pembangunan kandang, “terang Reban.

Menurut Reban, dalam program kemitraan tersebut tidak melibatkan unsur birokrat, koperasi langsung berhubungan dengan calon anggota. Jika calon anggota dapat menyiapkan lahan bersertifikat, koperasi akan langsung membangunkan kandang dengan memberi 30 ekor domba.

“Program ini untuk penggemukan kambing, anggota akan dikirim domba umur 4 bulan. Tugas anggota memelihara domba tersebut selama 3 bulan. Setelah 3 bulan domba dibeli oleh koperasi dengan harga sesuai pasar. Pakan hasil fermentasi juga di kirim oleh koperasi. Tugas anggota  hanya memelihara ,”ujarnya.

Reban mengatakan, dalam masa pemeliharaan, petani pemelihara akan  mendapat keuntungan bersih sekitar Rp 6 juta, selain itu, air kencing dan kotoran kambing domba yang sudah di tampung sebelumnya juga akan dibeli oleh pihak koperasi.

“Hasil penjualan air kencing dan kotoran domba diluar keuntungan penjualan domba. Berarti keuntungan petani berasal dari penjualan domba, air kencing dan kotoran dengan harga yang cukup baik,” kata Reban.

Harapan Reban sekarang ini,  ingin membangun daerahnya dari pinggiran. Dari kehidupan para petani yang hidup di desa – desa. Bila kehidupan masyarakat desa sejahtera dan penghasilan memadai, dengan sendirinya daerah akan maju. Sebab daya beli masyarakatnya sudah meningkat, harapnya.

Dengan semangat ingin membangun daerahnya, kini Dr Reban setiap ada kesempatan pasti pulang kampung untuk malakukan sosialisasi serta MoU dengan para peminat. Dirinya berharap kelak di Purworejo bisa di bangun 10.000 kandang. Daerah kelahiranya akan dijadikan proyek program kemitraan dan studi banding dari daerah lain.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply