Dinperinaker Kabupaten Purworejo Mulai Buka Pendaftaran Prakerja Secara online

Rakyatkita.com,Purworejo,-Pendaftaran Program Kartu Prakerja melalui online resmi dibuka. Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Gathot Suprapto, SH, Kepala Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, menyampaikan, syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun, tidak sedang mengikuti pendidikan formal, tidak bekerja dan pelaku usaha mikro yang kehilangan pekerjaan akibat cobid-19.

“Untuk Pendaftarannya terdiri dari 3 (tiga) tahap, pertama, calon peserta atau pendaftar harus membuat akun Prakerja dan masuk ke situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar dengan memasukkan nama lengkap, Email dan Pasword,” terang Gathot.

“Kedua, isi tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data penunjang lainya. Jangan lupa data harus benar dalam penulisan seperti NIK, kalau salah dalam pengisian tidak akan terakses, karena data akan diverifikasi ke Kementerian atau Lembaga terkait,” pesan Gathot.

Yang terakhir, terang Gathot, harus mengikuti tes secara online, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit.

“Bagi masyarakat yang akan mendaftar dan kurang jelas, bisa meminta penjelasan program tersebut dengan datang ke Kantor Dinperinaker dan akan kami siapkan petugas untuk membantu,”ugkapnya.

Gathot menjelaskan, selain di Dinas Tenaga Kerja, kami juga kerjasama denan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM, mereka siap membantu memberikan pendampingan pendaftaran dan membantu menyediakan sarana komputer untuk melakukan pendaftaran.

“Dalam masa Pandemi Covid-19, pelatihan yang kita sediakan sementara hanya pelatihan online. Jika sudah normal Ke depan, maka pelatihan kembali seperti semula, “terang Gathot.

Gathot menjelaskan, bantuan pelatihan lewat Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang. Dan bagi mereka yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email atau SMS.

“Kami sampaikan bahwa, Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pembelian modul pelatihan kerja sama dengan jual beli online, seperti Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker, “terang Gathot.

Menurut Gathot, Peserta pra kerja akan mendapat bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra. Mereka bisa memilih pelatihan yang diinginkan sesuai yang disediakan. Untuk penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000.

“Mereka yang sudah sesai pelatihan akan mendapat insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000), yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta,”terang Gathot.

Gathot menambahkan, untuk insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

“Namun apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama babtuan akan hangus,” jelasnya.

Sedangkan yang sudah mengikuti pelatiha yang pertama, terang Gathot, sisa bantuan biaya pelatihan pertama bisa digunakan untuk membeli modul untuk pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

“Hingga saat ini sudah ada sekitar 230 tenaga kerja di Purworejo yang dirumahkan. Karena program tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi mereka yang terdampak Pandemi Covid-19,”pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutanya melalui video, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply