Bupati Purworejo Resmikan Show Room Pusat Jajan dan Oleh-oleh Khas Purworejo

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Peresmian Show Room Pusat Jajan dan Oleh-oleh Khas Purworejo yang berlokasi di jalan Urip Sumoharjo no 12, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh bupati Purworejo Agus Bastian, dan diserahkan ke Direktur PDAU, Didik Prasetya Adi, Rabu malam (12/08/2020).

Usai acara peresmian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat halal kepada 17 pelaku UMKM, dan dilanjutkan peninjauan ke dalam show room.

Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutannya menyampaikan, bahwa UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat Indonesia dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga Pemerintah terus berupaya agar UMKM bisa terus berkembang, antara lain dengan memberikan fasilitasi baik dalam permodalan,

“Saya berharap UMKM akan tetap mampu bertahan di masa Pandemi Covid-19 saat ini,  seperti pada saat krisis moneter beberapa tahun lalu. Untuk itu diperlukan berbagai terobosan guna mendukung eksistensi keberlanjutan usaha,” ujar Bupati.

Lanjut Bupati, trobosan itu antara lain dengan mengoptimalkan pemasaran secara daring, inovasi produk sesuai selera pasar, efisiensi biaya produksi sesuai kebutuhan dan memperbanyak promosi melalui jejaring.

“Keberadaan showroom UMKM ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk memberdayakan UMKM di Kabupaten Purworejo. Mudah-mudahan ke depan, showroom ini bisa menjadi salah satu lokasi favorit yang mampu mendukung pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Purworejo,”ucap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas KUKMP (Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan) Bambang Susilo menyamoaikan, bahwa keberadaan show room tersebut atas kerjasama dengan Kodim 0708 Purworejo.

“Kita bekerja sama dengan Kodim 0708, makanya show room UMKM berada di gedung cagar budaya milik TNI, yang sekarang dikelola oleh PDAU,”jelas Bambang Susilo.

Show room UMKM selain sebagai pusat oleh-oleh, juga berfungsi untuk promosi produk UMKM. Selain itu didalamnya juga dilengkapi dengan ruang pamer, tempat pertemuan, dan juga pelayanan langsung tempat penjualan produk UMKM.

Coffe on the bus yang di kelola PDAU/ foto rakyatkita.com

Bambang Susilo menambahkan, guna mendukung Purworejo sebagai daerah tujuan wisata, pengelola (PDAU) juga telah menyiapkan armada bus sebagai sarana wisata ( coffe on the bus) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, dimana dalam bus, para penumpang akan dihidangkan suguhan makanan produk-produk UMKM.

“Semoga ini akan berdampak positif bagi kemajuan pariwisata dan para pelaku UMKM, baik terhadap promosi, pemasaran, kualitas produk yang juga mendapatkan akses yang lain,”harapnya.(Wan)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply