Usai Diperiksa Polisi Sebelas Warga Dibebaskan

PURWOREJO, rakyatkita.com,- Sebanyak 11 orang yang diamankan di Polres Purworejo, Jawa Tengah saat terjadi insiden bentrok warga dengan petugas kepolisian karena menolak tambang quarry di Desa Wadas yang terjadi dijalan Desa Wadas pada Jumat (23/4/21) siang, akhirnya dilepaskan Sabtu (24/4/21) dinihari.

Pelepasan ke 11 orang itu dilakukan setelah petugas Polres Purworejo selesai melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan terkait pemblokiran jalan yang dilakukan oleh warga yang mengakibatkan terjadinya bentrok.

“Yang kita amankan adalah terduga provokator yang membuat ricuh saat petugas akan membuka jalan yang diblokir warga,”ucap Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, saat dikonfirmasi Sabtu (24/4/21) pagi.

Rizal mejelaskan, ke sebelas orang yang diamankan itu tidak semua warga Desa Wadas saja, ada juga warga dari luar Desa Wadas. Mereka diamankan lantaran diduga menjadi provokator warga Desa di Desa Wadas.

“Tadi dinihari, setelah selesai kita lakukan pemeriksaan sebelah orang kita kembalikan, namun untuk warga dari luar Purworejo akan terus kita lakukan pengembangan terkait keterlibatannya dalam aksi tersebut,” ujar Rizal.

Rizal mengungkapkan, setelah dilakuakan pemeriksaan, pihak kepolisian mendapatkan keterangan, bahwa warga dari luar Purworejo yang datang dalam aksi pemblokiran jalan itu mendapat informasi dari undangan melalui media sosial. 

“Mereka mengaku kedatangannya di Desa Wadas sebagai bentuk solidaritas kepada warga yang menolak Desa Wadas untuk diambil batu quarrynya untuk bahan material pembangunan Bendungan Bener,” ungkap Rizal.

“Sementara terkait rencana program selanjutnya, kami tunggu informasi dari BPN BBWSO, prinsipnya kami siap untuk mengawal dan menjaga kamtibmas agar tidak terjadi lagi kejadian yang tidak kita inginkan, kami berharap kepdepan semua berjalan lancar,”pungkas Kapolres Rizal.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply