Selama 2020 Satpol PP Tindak 2068 Pelanggar, Sangsi Sosial dan Adminustrasi

PURWOREJO, rakyatkita.com,-Kinerja tahun 2020, semua program dan kegiatan Satpol PP dan Damkar sudah terlaksana semua. Terutama terkait dengan kegiatan penindakan minuman keras, tempat hiburan karaoke dan lokalisasi, penataan PKL, dan lainnya.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo menjelaskan, selama tahun 2020 sosialisasi, pengawasan dan penindakan telah dilakuakan dan pelanggaran perda ada 35 berkas yang sudah diputus dipengadilan negeri Purworejo.

“Untuk pelanggaran terkait Covid-19 ada 1.268 pelanggar dilakukan penindakan dan dikenakan sanksi sosial, sedangkan 881 pelanggar dikenakan sanksi administrasi dengan jumlah denda administrasi total mencapai Rp 20.648.000,-jelas Budi.

Lanjut Budi, karena adanya perubahan tahun 2020 terkait dengan adanya pandemi Covid-19 terkait dengan penindakan penegakan perbub No 61 tentang percepatan penanggulangan Covid-19, Satpol PP melakukan penindakan dan sosialisasi bekerjasama dengan Polri, TNI dan dinas instansi samping.

“Alhamdulillah sudah bisa dilaksanakan bersama walaupun belum bisa maksimal karena terkait dengan penyadaran, masalahnya butuh waktu yang lama, waktu yang tidak bisa segera,” ucap Budi.

Selai itu, Budi mengatakan, upaya-upaya melakukan penekanan terhadap menyebarnya Covid-19 sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Tapi akhir-akhir ini, masayarakat semakin mengendor karena mungkin sudah jenuh dengan adanya Covid-19, sehingga mereka sudah terbiasa.

“Insya Allah nanti di 2021 kita akan mencoba tidaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan lain terkait dengan penegakan perbub No 61,” kata Budi.

Terkait dengan libur panjang kegiatan menjelang akhir tahun ini yang bersamaan dengan kegiatan Nataru. kita melakukan kegiatan patroli patroli wilayah bersama-sama baik dengan TNI, Polri, ada Brimob ada unsur dari 412 juga dinas terkait melakukan patroli di beberapa gereja yang ada di wilayah Purworejo.

“kita juga bersama-sama dengan Dinas Pariwisata menjaga objek wisata yang sesuai dengan edaran bupati untuk ditutup

Budi menambahkan, untuk tahun baru ini Satpol PP juga sudah mengagendakan kegiatan pengamanan terkait dengan Surat edaran bupati bahwa di tahun baru ini tidak ada kegiatan. Selain itu juga akan mengagendakan kegiatan patroli bersama. lagi dengan TNI, Polri serta dinas terkait.

“Intinya kita meminimalkan kerumunan di tempat-tempat umum berkaitan dengan Pabdemi Covid-19 dengan menutup alun-alun Purworejo dan Kutoarjo. Kita jaga sampai dengan pergantian tahun 2021,” tandasnya.(Wn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply