banner 728x90

KOMUNITAS PECINTA SUNGAI TIRTAJAYA AJAK MASYARAKAT CINTAI SUNGAI

Rakyatkita, Purworejo, – Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tirtajaya Purworejo, yang bersekretariat di Jln, Pituruh Klepu KM 2. Minggu pagi (10/12/17) melakukan gerakan edukasi masyarakat di sepanjang aliran anakan Sungai Wawar Gebang.

Edukasi tersebut berupa pemasangan baner ukuran 60 x 80 dengan kalimat – kalimat yang berbau penyadaran. Seperti Kalimat berikut “Sungai Bukan Tempat Sampah. Sungaimu Nadi Kehidupanmu. Mencintai Sungai Mencintai Kehidupan dan Sungai Simbol Martabatmu “

Kalimat tersebut, diakui oleh Kordinator lapangan Gunadi Suprapto, dibuat oleh Seniman Sastra Sumanang Tirtasujana. Yang bersifat mengajak dan memberi penyadaran secara santun bagi setiap orang yang membaca.

Spanduk tersebut dipasang di bahu tanggul yang melintasi 7 desa. Dari hulu Desa Kalikotes, Kesawen, Ngandagan, Karanganyar, Pituruh, Tunjung Tejo sampai Desa Pepe.

Gerakan adukasi yang melibatkan 30 orang dari elemen Karang Taruna , petugas operasional pengairan ( TP-OP ) serta anggota peduli sungai, telah memasang sedikitnya 100 bener.

Menurut Kholil Udin, tindakan tersebut dilakukan, karena sampah rumah tangga di sungai – sungai wilayah Kecamatan Pituruh sangat memprihatinkan.
“Itu yang menyebabkan persawahan Desa Prigelan, Pituruh, Sikambang dan Desa Pepe sering banjir”, Tandasnya.

Udin pun menilai, kesadaran masyarakat tentang pentingnya fungsi sungai masih sangat rendah.
Perlu di ketahui, Peduli Sungai Tirta Jaya yang di Ketuai Seniman Sumanang Tirtasujana, yang ber bescam di Pituruh ini telah berulang kali mengeduksi masyarat. Bahkan pada tahun 2016 meraih Juara III Tingkat Jateng. Baru baru ini diundang Konggres Sungai Indonesia Ke III Di Banjarmasin. (Wawan/Pwj)

banner 468x60
Posted by: On: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply