Kapolres Lampung Hina Pekerjaan Wartawan, Kapolda Perintahkan Agar AKBP. Budi Asrul Kurniawan Minta Maaf

Rakyatkita.com.Jakarta,- Arfendy selaku Ketua II (GWI) Gabungan Wartawan Indonesia mendatangi Mabes Polri dan sekaligus ketua koordinator Aksi dalam Pembelaan teman-teman se-profesi, Pada Rabu ( 30/8/17 ).

Ia menjelaskan ” Maksud kami melakukan protes ini adalah untuk mencari keadilan karena akhir-akhir ini kami sebagai wartawan merasa dirugikan oleh oknum-oknum tertentu seperti, AKBP Budi Asrul Kurniawan ( Kapolres Way Kanan) yang menghina Tugas Wartawan seperti mencemo’oh wartawan media cetak mengatakan media wartawan tersebut kelas cacingan. Dia juga menuding industri media cetak sudah tutup semuanya maksud tujuannya tidak jelas. Kami sebagai insan pers merasa terpanggil keadaan ini. Tegakan hukum demi keadilan mulai saat ini. Menuntut tanggung jawab penghinaan atas Perlakuan Oknum tersebut yang sudah jelas melanggar Pasal 7 Ayat 3 Huruf C Perkap No.14 Tahun 2011 Tentang Kode Etik Profesi POLRI.

Dengan beredarnya rekaman yang telah di lakukan Oknum Kapolres tersebut yang dianggap melecehkan tugas wartawan. Dan sekaligus menuntut agar memproses Oknum Kapolres tersebut kepada Kapolri untuk mengambil Langkah tegas dan sesuai dengan hukum yang berlaku dan sesuai dengan undang-undang Negara Republik Indonesia.

Perwakilan dari teman-teman Journalis di terima dengan baik oleh Allegrina R Surviva, S.Sos, MAB, selaku Divisi Humas Mabes Polri.

Dalam pernyataannya Kapolda Lampung Irjen. Sudjarno langsung meminta si Kapolres Segera untuk meminta maaf, atas insiden tersebut, serta tidak cukup dengan meminta maaf akan tetapi meminta KAPOLRI untuk segera dapat bertindak tegas agar di copot dari Jabatannya.

Dalam audio yang beredar tersebut disebutkan bahwa pihak yang marah-marah terhadap wartawan tersebut adalah Kapolres AKBP Budi Asrul Kurniawan. Dalam audio berdurasi 4 menit 4 detik, yang beredar di grup Whatsapp tersebut, bahwa Oknum Perwira tersebut mengatakan dirinya tidak perlu bermitra dengan wartawan.

Tak hanya itu, ia juga mencemo’oh wartawan media cetak daerah Lampung dengan mengatakan media wartawan tersebut kelas cacingan, dia juga menuding industri media cetak ” sudah tutup sudah tidak adalagi peminatnya ( pembaca), karena saat ini orang memilih membaca whatsapp, nonton film porno dan siaran televisi luar negeri ketimbang berita dalam negeri.

Bukti rekaman audio itu juga terdengar jelas, Bahwa suara itu adalah Oknum Perwira tersebut selaku Kapolres Way Kanan. Kapolda Lampung Irjen Sudjarno juga membenarkan bahwa suara itu adalah suara Kapolres Way Kanan.

” Saya sudah perintahkan Kapolres Way Kanan untuk segera meminta maaf kepada seluruh jurnalis, serta hal ini dapat meresahkan masyarakat Lampung, ” kata Irjen Sudjarno, ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (28/8/2017).

Sudjarno mengaku sudah memerintahkan Bidang Propam untuk meminta klarifikasi kepada AKBP. Budi Asrul Kurniawan atas ucapannya kepada wartawan tersebut.

“Dan hari ini saya perintahkan ke Polda Lampung untuk klarifikasi ucapannya, di Bid Propam Polda Lampung” ujar Sudjarno.

Dalam rekaman, terdengar wartawan hendak mewawancarai Oknum Perwira, tentang pengusaha batu bara di Way Kanan Lampung. Akhirnya di dapat keterangan bahwasannya pihaknya sedang melakukan suatu uji coba untuk mengetes komitmen pengusaha batu bara. Namun ternyata dalam uji coba ini masih ada warga yang belum menerima uang kompensasi itu pertama. Kedua bahwa masih ada yang melebihi angkutan sehingga saya tidak boleh meneruskan mereka melewati Way Kanan. Sebagai wujud saya tanggung jawab kepada warga sini, jelas Budi dalam rekaman yang beredar.

“Walaupun warga menilai kami itu salah, seolah-olah kami berada di pihak pengusaha batu bara. Saya harus berusaha netral. Saya harus mengakomodir juga, mereka juga kerja disini. ” Silahkan kalian mau rilis, rilis lah itu “, sambung Budi.

Wartawan mencoba menghubungi Budi untuk meminta penjelasannya tentang viral audio dirinya itu. Sehingga berita ini diturunkan, belum ada respon dari Budi.( Rudi )

banner 468x60
Posted by: On: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply